gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : SISTEM PREDIKSI HARGA MOBIL AVANZA (BEKAS) MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM DENGAN METODE MAMDANI

Post a Comment
JURNAL : SISTEM PREDIKSI HARGA MOBIL AVANZA (BEKAS) MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM DENGAN METODE MAMDANI
ABSTRAK - Menentukan harga beli untuk sebuah mobil bekas adalah hal yang bisa dikategorikan tidak sulit dan juga tidak mudah. Apalagi untuk mobil TOYOTA AVANZA yang mendominasi mobil favorit pasar jual beli mobil di Indonesia. Setidaknya ada tiga faktor yang mempengaruhi harga beli dari mobil tersebut, diantaranya adalah kondisi mobil, pasaran harga beli dan juga pasaran harga jual.
Dalam penelitian ini, akan dikembangkan suatu sistem untuk membantu calon pembeli mobil TOYOTA AVANZA bekas untuk menentukan harga yang pantas yang harus ia bayar untuk membeli mobil tersebut. Sistem ini dikembangkan dengan mengimplementasikan metode Fuzzy Set dan Fuzzy Inference System Mamdani dan dibuatkan rancangan aplikasi dengan design UML dan aplikasi Java.
Kata Kunci: Fuzzy Set, FIS Mamdani, UML, Java

PENDAHULUAN - Jual beli mobil merupakan suatu kegiatan transaksi yang mungkin sering kita temukan di kehidupan sehari-hari kita. Bahkan kegiatan transaksi tersebut bisa kita temui saat kita membaca surat kabar dan melihat iklan jual mobil dengan harga yang sangat bervariasi. Untuk menetukan harga beli mobil bekas setidaknya ada dua hal yang perlu diperhartikan yaitu harga beli, harga pasaran mobil baru dan kondisi mobil. Hal tersebut perlu diperhatikan agar kita sebagai calon pembeli tidak mengalami kerugian saat membeli mobil tersebut.
Lalu bagaimana caranya menentukan harga mobil second dengan mudah dan cepat? Pada kesempatan penelitian ini penulis akan membuat sebuah sistem untuk membantu calon pembeli mobil TOYOTA AVANZA bekas. Sistem tersebut dikembangkan dengan

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment