JURNAL : Sistem Evaluasi Kelayakan Mahasiswa Magang Menggunakan Elman Recurrent Neural Network

JURNAL : Sistem Evaluasi Kelayakan Mahasiswa Magang Menggunakan Elman Recurrent Neural Network

JURNAL : Sistem Evaluasi Kelayakan Mahasiswa Magang Menggunakan Elman Recurrent Neural Network
Abstrak
Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan tertentu seperti prediksi, klasifikasi, pengolahan data, dan robotik. Berdasarkan paparan tersebut, sehingga dalam penelitian ini mencoba menerapkan JST untuk menangani permasalahan dalam program magang yang sedang dihadapi dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi, pengalaman, serta melatih softskill mahasiswa. Sistem yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengevaluasi kelayakan mahasiswa dalam program magang ke luar daerah dengan menerapkan Elman Recurrent Neural Network (ERNN), sehingga dapat memberikan informasi yang akurat kepada pihak jurusan untuk menentukan keputusan yang tepat.
Struktur Elman dipilih karena dapat membuat iterasi jauh lebih cepat sehingga memudahkan proses konvergensi. Adapun metode pembelajaran yang digunakan adalah Backpropagation Through Time dengan model epochwise training mode. Sistem diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman C# dengan basis data MySQL. Vektor input yang digunakan terdiri dari 11 variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan akan cepat mengalami konvergen dan mampu mencapai nilai error paling optimal (minimum error) apabila menggunakan 1 hidden layer dengan jumlah neuron 20 unit. Akurasi terbaik dapat diperoleh dengan menggunakan LR sebesar 0.01 dan momentum 0.85 dimana akurasi rata-rata dalam pengujian mencapai 87.50%.
Kata kunci—Evaluasi, Kelayakan, Jaringan Syaraf Tiruan (JST), Elman Recurrent Neural Network, Magang

PENDAHULUAN
Perkembangan softcomputing sebagai salah satu teknologi komputasi, telah banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang.Salah satunya adalah jaringan syaraf tiruan (JST) yang memiliki kemampuan belajar terhadap informasi yang telah diterima dengan mensimulasikan proses pembelajaran seperti otak manusia. JST dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan tertentu seperti prediksi, klasifikasi, pengolahan data, dan robotik, sehingga dicoba untuk diterapkan dalam permasalahan program magang yang sedang dihadapi.
Program magang dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi, pengalaman, serta melatih softskill mahasiswa. Selain itu, mahasiswa diharapkan juga dapat memiliki pengetahuan dalam memenuhi tuntutan dunia kerja. Jurusan Manajemen Informatika yang berada di bawah Fakultas Teknik dan Kejuruan (FTK), Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mengadakan magang dengan pesertanya adalah mahasiswa program diploma tiga yang sudah menginjak semester enam. Program yang memiliki bobot 3 SKS ini, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan magang ke perusahaan atau tempat-tempat yang dalam aktivitasnya sudah memanfaatkan teknologi informasi (TI) dalam bidang kerjanya.

DOWNLOAD JURNAL