JURNAL : PREDIKSI CUACA MENGGUNAKAN METODE CASE BASED REASONING DAN ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM

JURNAL : PREDIKSI CUACA MENGGUNAKAN METODE CASE BASED REASONING DAN ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM

JURNAL : PREDIKSI CUACA MENGGUNAKAN METODE CASE BASED REASONING DAN ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM
Abstrak: Cuaca merupakan faktor alam yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan yang akan dilakukan dalam berbagai aspek kehidupan. Atas dasar tersebut, penulis ingin membuat suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk memprediksi hasil cuaca dengan tingkat akurasi yang baik. Dengan menggunakan teknologi komputer yang mengimplementasikan cabang ilmu Sistem Pakar akan dibangun sebuah sistem prediksi cuaca. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Adaptive Neuro Fuzzy Inferance System (ANFIS) dan Case Based Reasoning (CBR). Kedua metode tersebut dikombinasikan untuk menghasilkan prediksi cuaca. Sistem ini juga dibangun dengan metode belajar untuk meningkatkan hasil akurasi. Metode belajar yang digunakan untuk belajar adalah Backpropagation Error (BPE) dan Recursive Least Square Estimator (RLSE). Dalam implementasinya dilakukan juga proses clustering dan data cleaning yang dibutuhkan dalam proses prediksi. K-Means digunakan untuk proses clustering. Metode Box and Whisker plot digunakan untuk proses clusetering. Hasil akhir yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan prediksi dari cuaca dengan nilai akurasi yang tinggi.
Kata kunci: Sistem pakar, Prediksi Cuaca, Adaptive Neuro Fuzzy Inferance System, Case Based Reasoning, Backpropagation Error, Recursive Least Square Estimator, K-Means, Box and Whisker plot.

PENDAHULUAN
Cuaca sangat berkaitan erat dalam kehidupan manusia hal itu didasari bahwa cuaca mempengaruhi kegiatan yang akan dilakukan [4]. Cuaca mem-pengaruhi pengambilan keputusan yang optimal dalam aspek kehidupan dengan tujuan yang ber-macam–macam contohnya pengontrolan lalu lintas udara, menentukan rute kapal dan bidang pertanian [1]. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem dengan kemampuan yang dapat melakukan prediksi cuaca agar manusia dapat lebih waspada ketika terjadi fenomena cuaca yang dapat merugikan dan mem-bahayakan manusia.
Prediksi cuaca adalah suatu proses untuk memperkirakan keadaan atmosfer bumi dengan menggunakan penerapan ilmu dan teknologi.

DOWNLOAD JURNAL