JURNAL :PERBANDINGAN APLIKASI MENGGUNAKAN METODE CAMELLIA 128 BIT KEY DAN 256 BIT KEY

JURNAL :PERBANDINGAN APLIKASI MENGGUNAKAN METODE CAMELLIA 128 BIT KEY DAN 256 BIT KEY

JURNAL :PERBANDINGAN APLIKASI MENGGUNAKAN METODE CAMELLIA 128 BIT KEY DAN 256 BIT KEY
Abstrak: Perkembangan Internet yang pesat saat ini menyebabkan tingginya tingkat resiko dalam pembajakan data. Salah satu cara mengamankan data dengan menggunakan kriptografi camellia. Camellia dikenal sebagai metode yang memiliki waktu enkripsi dan dekripsi yang cepat. Metode Camellia memiliki 3 macam besaran key yaitu 128-bit, 192-bit, dan 256-bit. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman c++ dan menggunakan GUI visual studio 2010. Penelitian ini membandingkan besaran kunci terkecil dan terbesar yang digunakan pada file berekstensi .txt, .doc, .docx, .jpg, .mp4, .mkv, dan .flv. Aplikasi ini dibuat untuk mengetahui perbandingan waktu dan tingkat keamanan pada penggunaan kunci 128 bit dan 256 bit. Perbandingan keamanan dilakukan dengan membandingkan hasil nilai avalanche effect untuk kunci 128 bit dan 256 bit.
Kata kunci: Kriptografi, camellia, avalanche effect.

PENDAHULUAN
Internet mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi dan data. Salah satu masalah penting yang terjadi saat ini adalah masalah keamanan data yaitu mengamankan data dari orang yang tidak berhak.
Cara untuk mengamankan suatu data salah satunya dengan menggunakan kriptografi Camellia. Metode ini dikenal dengan metode yang memiliki waktu enkripsi dan dekripsi yang cepat. Umumnya metode ini digunakan pada pengamanan jaringan karena pada jaringan, besar data yang dikirimkan tidak besar dan memerlukan proses enkripsi dan dekripsi yang cepat.

DOWNLOAD JURNAL