gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PERSETUJUAN PERBAIKAN DAN PERGANTIAN ALAT KOMPUTER BERBASIS WEB (Studi Kasus pada PT. Lautan Teduh Interniaga)

Post a Comment
JURNAL : PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PERSETUJUAN PERBAIKAN DAN PERGANTIAN ALAT KOMPUTER BERBASIS WEB (Studi Kasus pada PT. Lautan Teduh Interniaga)
ABSTRAK - Sistem Informasi Persetujuan Perbaikan dan Pergantian alat Komputer Berbasis Web merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dibangun untuk membantu dealer dalam mengajukan permohonan perbaikan dan pergantian alat komputer ke dealer utama. Dengan aplikasi ini dealer tidak perlu melakukan permohonan persetujuan perbaikan dan pergantian alat komputer dengan cara manual. Aplikasi ini dibangun dari bahasa pemrograman PHP dengan metode pemrograman berorientasi objek dengan metode pengembangan Rational Unified Process. Pada tahap analisa peneliti menggunakan UML sebagai bahasa pemodelan. Aplikasi persetujuan perbaikan dan pergantian alat komputer ini bisa dijalankan di berbagai macam browser seperti Modzilla Firefox, Google Chrome, dan Internet Explorer. Pada tahap pengujian dilakukan uji fungsionalitas dengan menggunakan software Selenium IDE dan uji non-fungsionalitas menggunakan metode black box testing tanpa menggunakan software. Kelebihan pengujian dengan menggunakan software ialah, dapat meringankan proses pengujian dengan tidak memerlukan SDM yang banyak. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi yang dibangun berjalan dengan lancar dan memiliki waktu proses yang baik.
Kata kunci : Manual, Rational Unified Process, UML, PHP, White Box Testing, Black Box Testing, Selenium IDE

PENDAHULUAN - PT. Lautan Teduh Interniaga merupakan dealer utama sepeda motor Yamaha Lampung. Perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan otomotif (kendaraan roda dua) skala nasional, ia memiliki banyak cabang atau dealer yang tersebar di berbagai wilayah di Lampung. Selama ini setiap dealer yang akan mengajukan permohonan perbaikan dan pergantian alat komputer kepada dealer utama harus melalui proses yang cukup lama dan rumit, karena semua proses masih manual menggunakan kertas sehingga tidak efisien dan menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu dirasa perlu dibuatkan suatu sistem informasi untuk membantu setiap dealer yang akan mengajukan permohonan perbaikan dan pergantian alat komputer ke dealer utama tanpa melalui proses yang panjang dan rumit sehingga dapat menghemat waktu.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment