JURNAL : PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KARTU MENUJU SEHAT SEBAGAI ALTERNATIF PENGELOLAAN POSYANDU SECARA DIGITAL

JURNAL : PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KARTU MENUJU SEHAT SEBAGAI ALTERNATIF PENGELOLAAN POSYANDU SECARA DIGITAL

JURNAL : PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KARTU MENUJU SEHAT SEBAGAI ALTERNATIF PENGELOLAAN POSYANDU SECARA DIGITAL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak Sistem Informasi Kartu Menuju Sehat sebagai Alternatif Pengelolaan Posyandu secara Digital. Penelitian meliputi perancangan serta pengujian unjuk kerja sistem perangkat lunak pada aspek functionality, usability, efficiency, dan portability. Perangkat lunak dari penelitian ini diharapkan dapat membantu kader Posyandu untuk mengelola data penimbangan balita lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis website. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model sekuensial linier yang terdiri dari proses analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Tahapan analisis dilakukan untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan dan literatur pendukung pengembangan. Tahapan desain dilakukan dengan menggunakan UML sebagai media pemodelan. Tahapan implementasi dilakukan untuk mengimplementasikan analisis dan desain yang telah dilakukan menjadi perangkat lunak. Tahapan pengujian dilakukan pada empat aspek, yaitu functionality, usability, efficiency, dan portability. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil dari pengembangan perangkat lunak adalah berupa Sistem Informasi Kartu Menuju Sehat berbasis website yang telah memenuhi kelayakan perangkat lunak dalam empat aspek ISO 9126, yaitu aspek functionality sebesar 100%, aspek usability sebesar 88.25%, aspek efficiency, dan aspek portability.
Kata kunci: Sistem Informasi, Kartu Menuju Sehat, Posyandu, PHP, ISO 9126

PENDAHULUAN
Berdasarkan data dari Biro Sensus Departemen Perdagangan Amerika Serikat yang dirilis pada tanggal 6 Maret 2014, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia (Purnomo: 2014). Salah satu program yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah kesehatan di Indonesia adalah dengan pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).
Posyandu melayani penimbangan berat badan, memberikan imunisasi kepada balita, serta memberikan informasi tentang makanan sehat

DOWNLOAD JURNAL