JURNAL - PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (PHP DAN MYSQL) DILENGKAPI DENGAN SMS GATEWAY

JURNAL - PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (PHP DAN MYSQL) DILENGKAPI DENGAN SMS GATEWAY

JURNAL - PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (PHP DAN MYSQL) DILENGKAPI DENGAN SMS GATEWAY
ABSTRAK - Penelitian ini bertujuan untuk membantu pelaksanaan penerimaan siswa baru di sekolah. Penelitian ini meliputi perancangan dan pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (php dan mysql) dilengkapi sms gateway, serta pengujian unjuk kerja sistem perangkat lunak. Pengujian berdasarkan aspek functionality, usability, reliability, efficiency, maintainability dan portability (ISO 9126). Penelitian ini menggunakan metode penelian Research and Development (RND). Tahapan pertama yaitu Identifikasi potensi dan masalah di SMAN 1 Parakan sebagai tempat penelitian. Tahapan kedua dilakukan analisis kebutuhan untuk mengetahui teknologi yang cocok untuk diterapkan, perangkat keras dan perangkat lunak dibutuhkan, serta pengguna yang akan menggunakan sistem ini. Tahapan ketiga dilakukan dengan melakukan desain perangkat lunak dengan menggunakan pendekatan terstruktur (procedural). Tahapan keempat yaitu implementasi atau pengembangan sistem. Tahap terakhir yaitu tahap pengujian kualitas perangkat lunak yang menggunakan beberapa instrument penelitian sesuai dengan standar ISO 9126.
Berdasarkan hasil pengujian web yang dikembangkan menunjukkan hasil : 1) Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (php dan mysql) dilengkapi sms gateway telah melalui serangkaian proses rekayasa perangkat lunak dari desain hingga pengujian telah sesuai dengan spesifikasi; 2) unjuk kerja dari Sistem secara keseluruhan masuk dalam kategori “Baik” dengan rincian hasil uji per factor diperoleh persentase keberhasilan: a) functionality sebesar 98,38%, b) reliability sebesar 98,45%, c) 89,77% dari pengujian usability, d) efficiency sebesar 88,19% dan total page download time sebesar 1,660 second, e) maintainability testing yang baik/tinggi, dan f) Portability Testing yang baik/tinggi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas perangkat lunak dalam kategori “baik” dan “sangat layak” untuk diimplementasikan.
Kata Kunci : PSB, web, functionality, usability, reliability, efficiency, maintainability, dan portability.

PENDAHULUAN - Pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini sangat membantu semua kegiatan manusia, baik dalam pekerjaan individu maupun kelompok. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi tersebut yaitu dalam pengolahan data atau informasi. Pengolahan data atau informasi yang semula dilakukan secara manual kini berubah menjadi lebih mudah dengan adanya software sistem pengolah data. Tujuan pemanfaatan teknologi tersebut adalah agar pengolahan data atau informasi yang tersedia dapat berlangsung dengan efisien, cepat, dan akurat.

DOWNLOAD JURNAL