JURNAL : PENGEMBANGAN DAN ANALISIS SISTEM INFORMASI ABSENSI SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK PHP CODEIGNITER

JURNAL : PENGEMBANGAN DAN ANALISIS SISTEM INFORMASI ABSENSI SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK PHP CODEIGNITER

JURNAL : PENGEMBANGAN DAN ANALISIS SISTEM INFORMASI ABSENSI SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK PHP CODEIGNITER
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) menghasilkan sistem informasi absensi siswa berbasis web yang mampu mengolah dan merekap data absensi siswa selama satu semester, (2) mengetahui tingkat kelayakan sistem informasi absensi siswa berbasis WEB menggunakan framework PHP codeigniter yang dikembangkan dari sisi functionality, reliability, usability, efficiency, maintainability, dan portability (ISO 9126). Sistem informasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu proses pengolahan data absensi siswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Sedangkan metode pengembangan sistem informasi ini adalah The Systems Development Life Cycle atau metode Waterfall. Tahapan pertama yaitu identifikasi potensi dan masalah di SMP N 3 Sawit sebagai tempat penelitian. Tahapan kedua dilakukan analisis kebutuhan. Tahapan ketiga dilakukan dengan melakukan desain perangkat lunak dengan menggunakan UML. Tahapan keempat yaitu implementasi atau pengembangan sistem. Tahap terakhir yaitu tahap pengujian kualitas perangkat lunak menggunakan beberapa instrument penelitian sesuai dengan standar ISO 9126. Berdasarkan pengembangan, pengujian dan analisis yang dilakukan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan: 1) Sistem informasi absensi siswa berbasis WEB menggunakan Framework PHP CodeIgniter terdiri dari fitur-fitur untuk rekap data absensi, olah data absensi, kelas, semester, siswa, pengumuman, guru piket dan menampilkan statistik absensi siswa sudah sesuai dengan kebutuhan. 2) Hasil pengujian sistem dari aspek functionality, reliability, dan usability sistem dikategorikan sangat layak. Kemudian ditinjau dari pengujian aspek maintainability dan portability menunjukan sistem dalam keadaan baik. Hasil pengujian aspek efficiency sistem menunjukan sistem dalam score/grade yang tinggi dan tergolong sangat cepat.
Kata kunci: Framework, The Systems Development Life Cycle, Waterfall, UML, WEB, functionality, usability, reliability, efficiency, maintainability, portability. score/grade

PENDAHULUAN
Perkembangan dunia saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Hal ini menuntut setiap individu ataupun institusi untuk terus mengikuti perkembangan teknologi informasi. Salah satu teknologi informasi yang sangat berkembang saat ini adalah Web Programming. Aplikasi berbasis website sangat banyak disediakan oleh pengembang aplikasi. Aplikasi yang dapat di update secara dinamis dan realtime sangatlah membantu dalam bidang pengolahan data. Banyak bahasa pemograman yang dapat digunakan dalam membuat sistem informasi tersebut, antara lain PHP, JavaScript, Viusal Basic, dll.

DOWNLOAD JURNAL