gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : PENGEMBANGAN DAN ANALISIS E-LKPD (ELEKTRONIK-LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET

Post a Comment
JURNAL : PENGEMBANGAN DAN ANALISIS E-LKPD (ELEKTRONIK-LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan E-LKPD berbasis multimedia pada materi Mengoperasikan Software Spreadsheet dan (2) Mengetahui hasil analisis kelayakan E-LKPD berbasis multimedia pada materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development atau R&D). Objek penelitian ini adalah E-LKPD berbasis multimedia pada materi mengoperasikan software spreadsheet. Tahap validasi dan uji coba dilakukan terhadap kelayakan E-LKPD. Validasi oleh ahli media dan ahli materi dilakukan untuk mendapatkan saran mengenai kelayakan E-LKPD dari segi media maupun materi. Uji coba dilakukan dengan metode angket kepada peserta didik SMK Negeri 1 Godean kelas X semester genap. Metode untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuatitatif dengan skor skala lima (skala Likert) terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini : (1) pengembangan E-LKPD berbasis multimedia terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap identifikasi potensi dan masalah, analisis kebutuhan dan pengumpulan data, desain, implementasi, validasi, revisi, uji coba, revisi akhir, dan produk akhir E-LKPD dengan fitur Peta Konsep, Isi Materi, Info TI, Kuis TI dan Teka – Teki Silang yang dapat diisi peserta didik, Glosarium, Latihan Soal Interaktif, serta Video Review Materi (2) hasil penilaian kelayakan E-LKPD berbasis multimedia dari ahli media mendapat rata-rata skor 4,26 dengan persentase 85,13% (sangat baik). Hasil penilaian ahli materi mendapat rata-rata skor 4,69 dengan persentase 93,82% (sangat baik). Hasil penilaian peserta didik terhadap E-LKPD mendapat rata-rata skor 3,98 dengan persentase 79,61% (baik).
Kata kunci: pengembangan, E-LKPD, multimedia, mengoperasikan software spreadsheet

PENDAHULUAN
Dalam kegiatan belajar mengajar, peserta didik terpaku pada softcopy materi yang disampaikan dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang kurang memenuhi standar, sehingga LKPD yang sudah dibeli jarang digunakan oleh pendidik maupun peserta didik. Guru lebih memilih menyampaikan materi per sub bab dalam bentuk softcopy menggunakan referensi dari buku maupun internet.
Seiring perkembangan teknologi, mulai dilakukan pengubahan LKPD ke dalam bentuk digital yang dapat dijalankan dengan menggunakan komputer bahkan handphone maupun smartphone.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment