JURNAL : MEDIA PEMBELAJARAN MERAKIT KOMPUTER BERBASIS ADOBE FLASH CS3 DI SMA N 1 PAKEM

JURNAL : MEDIA PEMBELAJARAN MERAKIT KOMPUTER BERBASIS ADOBE FLASH CS3 DI SMA N 1 PAKEM

JURNAL : MEDIA PEMBELAJARAN MERAKIT KOMPUTER BERBASIS ADOBE FLASH CS3 DI SMA N 1 PAKEM
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan suatu media pembelajaran merakit komputer berbasis adobe flash cs3 pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas sepuluh pada materi merakit komputer, mengetahui desain, realisasi, unjuk kerja dan tingkat kelayakan media pembelajaran merakit komputer berbasis adobe flash cs3.
Penelitian ini menggunakan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut : (1) potensi dan masalah, (2) analisis kebutuhan, (3) desain produk, (4) pembuatan software, (5) uji validitas oleh ahli, (6) revisi produk, (7) uji produk oleh pengguna, (8) revisi produk, (9) produksi massal. Media pembelajaran ini di uji oleh dua orang ahli yaitu satu ahli media dan satu ahli materi. Pengguna dalam ujicoba adalah siswa kelas sepuluh SMA N 1 Pakem berjumlah 100 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket. Metode untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan persentase terhadap kategori skala penilaian yang tekah ditentukan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas media yang dihasilkan adalah sebagai berikut : dari uji kelayakan media pembelajaran menurut ekspert ahli media memperoleh persentase total sebesar 82,7%, sedangkan menurut ekspert ahli materi memperoleh persentase total sebesar 88,3%, dan hasil ujicoba pengguna dilapangan memperoleh persentase sebesar 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran memiliki kualitas yang baik sebagai penunjang pembelajaran dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci : media pembelajaran, merakit komputer, adobe flash cs3.

PENDAHULUAN
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menuntut berkembangnya ilmu di bidang pendidikan. Sesuai arah perkembangan zaman yang menuntut untuk peningkatan sistem pendidikan sebagai suatu hal yang mutlak bila suatu bangsa ingin dikatakan sebagai negara yang maju dalam pendidikan dan mampu berkompetisi era global di abad ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan

DOWNLOAD JURNAL