JURNAL : IMPLEMENTASI TEKNIK WATERSHED DAN MORFOLOGI PADA CITRA SATELIT UNTUK SEGMENTASI AREA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

JURNAL : IMPLEMENTASI TEKNIK WATERSHED DAN MORFOLOGI PADA CITRA SATELIT UNTUK SEGMENTASI AREA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

JURNAL : IMPLEMENTASI TEKNIK WATERSHED DAN MORFOLOGI PADA CITRA SATELIT UNTUK SEGMENTASI AREA UNIVERSITAS BRAWIJAYA
ABSRAK - Penelitian di bidang segmentasi citra telah banyak dilakukan, terutama di bidang citra satelit. Proses segmentasi ini dilakukan untuk melakukan deteksi terhadap objek-objek yang terdapat di dalam citra. Pada penelitian ini, diimplementasikan sebuah metode segmentasi citra dengan menggunakan teknik watershed dan morfologi. Pertama, citra diubah ke dalam format citra grayscale.Kemudian, citra grayscale tersebut diolah dengan metode watershed untuk mendapatkan segmentasi awal. Selanjutnya, citra segmentasi tersebut diperbaiki menggunakan metode morfologi untuk mengurangi segmentasi berlebih yang dihasilkan oleh proses sebelumnya. Uji coba dilakukan terhadap 5dataset citra satelitarea Universitas Brawijaya dengan tingkat skala yang berbeda-beda. Skala yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 20m, 50m, 100m, 200m, dan 500m. Uji coba menunjukkan bahwa metode yang diusulkan berhasil melakukan segmentasi citra dengan skala kurang dari 100 meter.Semakin rendah nilai skala yang digunakan sebagai uji coba, segmentasi yang dihasilkan semakin baik.
Kata kunci: Watershed, Morfologi Citra, Citra Satelit

PENDAHULUAN - Dewasa ini teknik pengolahan citra digital berkembang cukup pesat dengan aplikasi yang cukup luas di berbagai bidang. Salah satu bidang aplikasi yang dikembangkan adalah teknik segmentasi citra satelit. Penelitian telah dilakukan oleh (Liu R. dkk. 2008), (Ying S. dkk. 2008), (Yun
Z. dkk. 2008) dan (Du G. dkk. 2009). Segmentasi citra ini merupakan langkah praproses untuk melakukan deteksi terhadap obyek-obyek yang terdapat di dalam citra satelit. Pendeteksian objek di dalam citra satelit menjadi penting mengingat manfaat yang didapatkan juga begitu besar. Salah satu manfaat yang didapatkan ketika suatu objek dapat dideteksi adalah informasi yang dapat diperoleh dari objek tersebut. Misalnya, informasi tentang sebaran dan luas area dari objek tersebut.Sebagai contoh, dengan mengetahui informasi tentang luas suatu area sumber pangan, maka informasi tentang ketahanan pangan dapat diperoleh. Sehingga, segmentasi merupakan langkah yang memberikan kontribusi besar terhadap pendeteksian objek.

DOWNLOAD JURNAL