gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI MOBILE COMMERCE TIKET TRAVEL (M-TICKETING) PADA SMARTPHONE ANDROID (STUDI KASUS : TRAVEL UMBARA TRANS)

Post a Comment
JURNAL : ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI MOBILE COMMERCE TIKET TRAVEL (M-TICKETING) PADA SMARTPHONE ANDROID (STUDI KASUS : TRAVEL UMBARA TRANS)
ABSTRAK
Umbara Trans merupakan perusahaan penyedia jasa travel dengan jangkauan wilayah Jakarta-Bandung. Kemunculan beberapa penyedia jasa travel sejenis menjadikan Umbara Trans harus menyikapi persaingan ketat yang terjadi. Oleh karena itu diperlukan adanya perbaikan strategi dalam bisnisnya agar dapat meningkatkan pelayanan dan kepuasan penggunanya. Berdasarkan hasil wawancara dan penyebaran kuisioner kepada staff dan member Umbara Trans diketahui bahwa perbaikan yang diperlukan berupa inovasi dalam proses promosi, penyebaran informasi, pemesanan dan penjualan tiket yang mudah diakses oleh pengguna jasa, kapanpun dan dimanapun, serta sistem terkomputerisasi yang memudahkan pihak Umbara trans dalam memantau penjualan tiket yang lebih rapi dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Untuk menjawab kebutuhan tersebut maka penulis mengajukan solusi berupa pengimplementasian m-commere tiket travel pada smartphone Android yang dikembangkan dengan metodelogi RAD(Rapid Application Development) dan UML(Unified Modelling Language) sebagai alat bantu dalam pengembangan sistem. Penelitian ini menghasilkan aplikasi M-Commerce Tiket Travel pada Smartphone Android yang berbasis client-server, dimana pada sisi server aplikasi dibangun dalam bentuk website menggunakan bahasa pemrograman PHP serta MySQL untuk proses input data dan manajemen database. Sedangkan pada sisi client berupa mobile aplikasi yang berjalan pada smartphone Android yang digunakan oleh member untuk melakukan pengaksesan informasi (jadwal, armada, lokasi pool terdekat dan harga tiket), promosi, melakukan pemesanan serta pembelian tiket travel.
Kata Kunci: M-commerce, Tiket Travel, Smartphone, Android, RAD, UML, PHP, MySQL.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment