JURNAL : Sistem E-Learning untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus pada Universitas Indo Global Mandiri Palembang)

JURNAL : Sistem E-Learning untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus pada Universitas Indo Global Mandiri Palembang)

Sistem E-Learning untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus pada Universitas Indo Global Mandiri Palembang)

ABSTRAK - Universitas Indo Global Mandiri adalah salah satu Universitas yang beradadi kota Palembang, seiring dengan perkembangan teknologi dan untuk membantu proses belajar mengajar maka dibutuhkan sebuah Sistem aplikasi e-learning. E-Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan mahasiswa untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti perkuliahan di kelas seperti perkuliahan secara konvensional. Dengan adanya e-learning diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk lebih memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh dosen. Penelitian ini dilakukan pada Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indo Global Mandiri. Didalam penelitian ini penulis menggunakan metode RAD (Rapid Aplication Development) dan rancangan system menggunakan Use Case yang terdiri dari tiga class yakni, admin, dosen dan mahasiswa. 

Kata Kunci: E-Learning, Metode RAD (Rapid Aplication Development)


PENDAHULUAN - E-Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas [1,2]. E-Learning atau pembelajaran elektronik pertama kali diperkenalkan oleh universitas Illinois di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis komputer (computer-assisted instruction) dan komputer bernama PLATO. Universitas Indo Global mandiri (UIGM) adalah salah satu universitas yang berada di kota Palembang, seiring dengan perkembangan teknologi dan untuk membantu proses belajar mengajar maka dibutuhkan sebuah sistem aplikasi e-learning. Dengan adanya sistem ini, diharapkan mahasiswa bisa lebih mengerti dan memahami materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen, karena mahasiswa bisa mendownload materi didalam sistem ini. Moodle adalah suatu aplikasi e-learning yang berbasis open source, moodle adalah paket software yang diproduksi untuk kegiatan belajar mengajar berbasis internet dan web [3,4].

DOWNLOAD JURNAL