JURNAL : Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D

JURNAL : Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D

Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D
ABSTRAK - Perancangan aplikasi panduan belajar pengenalan ortodonsia menggunakan animasi 3D merupakan e-learning, yang dibuat untuk menjelaskan alat bantu ajar mata kuliah ortodonsia dengan menggunakan teknologi animasi 3D. Mengubah materi dan ilustrasi berupa animasi 3D yang menarik sehingga mahasiswa lebih mudah mengerti. Data yang di jadikan sebagai kebutuhan pembuatan aplikasi didapatkan dari wawancara kepada dosen pengampu mata kuliah ortodonsia di fakultas kedokteran gigi UNSRAT. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Rapid Aplication Development. Dengan teknologi yang digunakan, tools pembuatan 3 Dimensi blender dan Blender Game Engine untuk membuat aplikasi interaktif. 

Kata Kunci -- Ortodonsia, RAD, e-learning


PENDAHULUAN - Pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer merupakan terobosan baru dalam proses pembelajaran dan mereka yang berniat menjadi dokter gigi harus dapat belajar mengenali ilmu yang bertujuan memperbaiki atau membetulkan letak gigi yang tidak teratur dan tidak rata (Ortodonsia). Namun pengenalan berbagai alat orto kepada mahasiswa tidaklah mudah. Hal ini sering dikarenakan metode pembelajaran yang tidak efektif. Seperti cara penyampaian melalui buku yang di dalamnya hanyalah berupa text dan gambar-gambar yang hanya berupa 2 dimensi (2D).[1] Oleh karena itu mahasiswa kedokteran gigi membutuhkan inovasi yang baru dalam media pembelajaran yang dapat mereka gunakan. Saat ini komputer sudah menjadi kebutuhan yang dapat memungkinkan untuk bisa memudahkan manusia belajar maupun bekerja. Seperti dengan pengunaan aplikasi e-learning, website, video tutorial dll.


DOWNLOAD JURNAL