JURNAL : ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA CLASSIFICATION UNTUK AUTHENTICATION UANG KERTAS (STUDI KASUS: BANKNOTE AUTHENTICATION)

JURNAL : ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA CLASSIFICATION UNTUK AUTHENTICATION UANG KERTAS (STUDI KASUS: BANKNOTE AUTHENTICATION)

ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA CLASSIFICATION UNTUK AUTHENTICATION UANG KERTAS (STUDI KASUS: BANKNOTE AUTHENTICATION)
ABSTRAK - Uang merupakan alat transaksi yang digunakan untuk proses pertukaran barang dan jasa. Peredaran uang palsu dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan mudahnya mendapatkan informasi cara membuat uang palsu di internet, ditunjang dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, serta kemajuan digital image processing sehingga susah untuk mengenali mata uang asli atau palsu. Untuk membedakan mata uang asli dan palsu maka penelitian ini akan menganalisis authentication uang kertas, dengan menggunakan beberapa algoritma classification. Tahapannya dimulai dari pengambilan data, kemudian proses recognition banknote yang terdiri dari proses image acquisition, gray scale conversion, sampai ke tahap classification. Selanjutnya tahap pengujian classification yaitu menggunakan WEKA appliaction tool dengan menerapkan metode cross validation pada data banknote authentication. Dari hasil pengujian yang dilakukan, bahwa algorithm tree C4.5 memiliki nilai classified instance yang paling tinggi yaitu sebesar 98.54 % dibanding dengan algorithm naive bayes dan neural network.

Kata Kunci: Banknote Authentication, Data Mining, Classification, Artificial Neural Network, Algorithm Tree C4.5, Naive Bayes.


PENDAHULUAN - Kemajuan teknologi informasi memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan kehidupan manusia. Hal tersebut dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap perilaku masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi. Uang merupakan kebutuhan utama masyarakat sebagai alat pembayaran, baik secara tunai maupun dengan transaksi elektronik. Seiring dengan kemajuan ini, kejahatan yang menggunakan teknologi berkembang. Salah satu kejahatan yang memanfaatkan kemajuan teknologi adalah pembuatan uang palsu. Peredaran uang palsu dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, dikarenakan banyaknya kebutuhan manusia selain itu mudahnya mendapatkan informasi cara membuat uang palsu di internet, bahkan sulit untuk membedakan antara uang asli dan palsu. Untuk itu, perlu adanya suatu teknologi yang dapat mengetahui dan membedakan uang palsu tersebut. Berbagai macam teknologi yang digunakan, antara lain menggunakan sinar ultraviolet, deteksi tepi dan lain sebagainya. Adapun teknik untuk membedakan uang palsu pada makalah ini yaitu dengan menggunakan algoritma Artificial Neural Network (ANN) dengan pemanfaatan Wavelet Transform tools. Wavelet Transform dapat mengubah sebuah nilai dari data signal yang tidak terlalu merusak data aslinya.


DOWNLOAD JURNAL