Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Makanan Pada Bayi Lima Tahun (BALITA) Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Makanan Pada Bayi Lima Tahun (BALITA) Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Makanan Pada Bayi Lima Tahun (BALITA) Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

(Jurnal Teknik Informatika)


Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

ABSTRAK

Masa balita merupakan periode perkembangan yang rentan terhadap masalah gizi. Gizi kurang yang terjadi pada masa balita bersifat irreversible (tidakdapat pulih), sehingga akan mengganggu pertumbuhan fisik dan mental. Terbatasnya pengetahuan orang tua terhadap kebutuhan energi, gizi dan penentuan pola menu makanan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan malnutrisi (gizi salah). Makanan yang bermanfaat terhadap penganekaragaman makanan sejak kecil dalam rangka peningkatan mutu gizi makanan yang dikonsumsi. Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada bayi lima tahun (Balita) adalah dengan menyediakan makanan yang bergizi guna memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu model pendukung keputusan yang akan menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki Dengan hirarki, suatu masalah yang kompleks dapat diuraikan ke dalam kelompok-kelompoknya yang kemudian diatur menjadi suatu bentuk hirarki sehingga permasalahan akan tampak lebih terstruktur dan sistematis.

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Makanan Pada Bayi, Analytical Hierarchy Process (AHP).


1. Pendahuluan

Masa balita merupakan periode perkembangan yang rentan terhadap masalah gizi. Gizi kurang yang terjadi pada masa balita bersifat irreversible (tidak dapat pulih), sehingga akan mengganggu pertumbuhan fisik dan mental. Terbatasnya pengetahuan orang tua terhadap kebutuhan energi, gizi dan penentuan pola menu makanan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan malnutrisi (gizi salah). Untuk menangani masalah tersebut, orang tua perlu memperhatikan kualitas dan kuantitas makanan yang dikonsumsi balita.Pada umumnya, anak yang cerdas dipengaruhi oleh lingkungan atau pola pengasuhan yang mendukung si anak untuk selalu berpikir dan bertindak cerdas. Tidak hanya makanan yang bergizi, beberapa cara mudah juga penting dijadikan pedoman untuk perkembangan mental dan fisik anak hingga ia dewasa.

Makanan yang bermanfaat terhadap penganekaragaman makanan sejak kecil dalam rangka peningkatan mutu gizi makanan yang dikonsumsi. Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada bayi lima tahun (Balita) adalah dengan menyediakan makanan yang bergizi guna memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.