Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Peserta Jumpa Bakti Gembira Menggunakan Metode Premethee (Studi Kasus : SMPN 1 Pantai Labu)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Peserta Jumpa Bakti Gembira Menggunakan Metode Premethee (Studi Kasus : SMPN 1 Pantai Labu)

Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Peserta Jumpa Bakti Gembira Menggunakan Metode Premethee 
(Studi Kasus : SMPN 1 Pantai Labu)
(Jurnal Teknik Informatika)

Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Peserta Jumpa Bakti Gembira Menggunakan Metode Premethee (Studi Kasus : SMPN 1 Pantai Labu)

ABSTRAK

Sistem pendukung keputusan sebagai sebuah sistem berbasis komputer yang terdiri atas komponen-komponen antara lain komponen sistem bahasa (language), komponen sistem pengetahuan (knowledge) dan
komponen sistem pemrosesan masalah (problem processing) yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang interaktif, yang membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur.

PROMETHEE merupakan suatu model pendukung keputusan yang dikembangkan oleh J. P. Brans pada tahun 1982 . Model pendukung keputusan ini akan menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki, Promethee termasuk dalam keluargadari metode outranking yang dikembangkan oleh B.Roy dan meliputi 2 fase:1. Membangun hubungan outranking dari K.2. Eksploitasi dari hubungan ini memberikan jawaban optimasi kriteria dalam paradigma permasalahan multikriteria. sangat tepat untuk digunakan karena dugaan dari dominasi kriteria yang digunakan dalam promethee adalah penggunaan nilai dalam hubungan outrangking. Sehingga diperoleh solusi atau hasil dari beberapa alternatif untuk diambil sebuah keputusan.

Dari hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE) berbasis web sebagai model sistem pendukung keputusan seleksi peserta Jumpa Bakti Gembira di SMP Negeri 1 Pantai Labu dapat membantu pekerjaan tim penyeleksi dalam memutuskan siswa mana yang berhak untuk berangkat menghikuti perlombaan tersebut melalui proses pembobotan multikriteria dan seleksi dengan lebih cepat, cermat dan lebih efektif.

Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Preference Ranking Organization Method for Enrichment
Evaluation.



1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Dalam dunia pendidikan, komputer sangat penting dalam menunjamg perkembangan sekolah dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada sekolah tersebut. Namun, karena dibatasi oleh kemampuan mengoperasikan komputer tersebut sampai sekarang masih banyak yang mengelola data dengan  menggunakan komputerisasi sederhana dan faktor kurangnya penunjang yang lebih luas dalam menentukan siswa yang layak berangkat mengikuti perlombaan JUMBARA PMR II.

SMP Negeri 1 Pantai Labu, dalam seleksi siswa yang layak berangkat mengikuti JUMBARA PMR II masih menggunakan cara yang sederhana yaitu hanya dengan melihat nilai praktek siswa dan administrasi, sehingga ekstensitas hasil yang diharapkan kurang memuaskan. Pada dasar nya para peserta banyak mengikuti perlombaan sehingga peserta perlu menguasai materi yang di perlombakan antara lain PP (Pertolongan Pertama), PK (Pertolongan Keluarga), Kepemimpinan, Kepalang Merahan, Donor Darah, Peserta juga di harapkan mempunyai Kesehatan jasmani dan rohani serta mental yang kuat agar dilapangan para peserta tidak mengalami hal yang tidak di inginkan agar pelaksanaan kegiatan tersebut para siswa dalam mengikuti semua kegiatan JUMBARA (Jumpa Bakti Gembira).

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Premethee, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.