Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemenang Kontrak Proyek Pada Tender Pengadaan Barang Dengan Metode Promethee

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemenang Kontrak Proyek Pada Tender Pengadaan Barang Dengan Metode Promethee

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemenang Kontrak Proyek Pada Tender Pengadaan Barang Dengan Metode Promethee
(Jurnal Teknik Informatika)


Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemenang Kontrak Proyek Pada Tender Pengadaan Barang Dengan Metode Promethee


ABSTRAK

PT. Naburju merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang peternakan. Seiring dengan banyaknya usaha yang bergerak dalam bidang yang sama, maka PT. Naburju harus meningkatkan pelayanannya khususnya dalam pengembangan bahan-bahan peternakan. Pengembangan bahan peternakan meliputi penyediaan bibit anak dan yang lain yang membutuhkan pasokan dari badan usaha lain. Untuk membantu penentuan pemenang tender yang layak untuk menjadi rekanan PT. Naburju maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan.

Dalam proses pembangunan sistem pendukung keputusan untuk menentukan pemenang tender pada PT. Naburju mengggunakan metode promethee. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternative terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang dapat memutuskan pemenang tender yang tepat berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu pemenang tender. 

Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat membantu kerja tim penyeleksi tender dalam melakukan penyeleksian pemenang tender,dapat mempercepat proses penyeleksian pemenang tender, dapat
mengurangi kesalahan dalam menentukan pemenang tender, dan dapat mempermudah tim penyeleksi dalam
menentukan pemenang tender.

Kata Kunci: SPK, Promethee, Kriteria.


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Sistem Pendukung Keputusan dalam dunia teknologi informasi seperti sekarang ini, waktu memegang peranan penting. Sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dari waktu ke waktu menyebabkan manusia terus berusaha untuk menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan dewasa ini semakin berkembang dengan pesat, dimana dapat kita lihat dan rasakan diberbagai sektor seperti sektor perindustrian, perdagangan, pertanian dan juga sektor perhubungan dan lain – lainnya.

PT.Naburju merupakan badan usaha swasta yang bergerak dalam bidang peternakan. Sebagai sebuah badan usaha yang sedang berkembang PT.Naburju juga harus melakukan kerjasama dengan perusahaan lain sebagai pemasok barang mereka. Kebutuhan-kebutuhan untuk pengembangan usaha tidak dapat diproduksi sendiri oleh PT.Naburju, seperti bahan pembangunan kandang ternak, Obatobatan untuk ternak, dan pakan ternak. Semuanya itu di sediakan oleh rekanan yang harus secara rutin memasok kebutuhan tersebut kepada PT.Naburju.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Promethee ,Algoritma, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.