Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Groups Algorithm Programming Analysis (Studi Kasus : PT Gunung Sari)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Groups Algorithm Programming Analysis (Studi Kasus : PT Gunung Sari)

Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Groups Algorithm Programming Analysis (Studi Kasus : PT Gunung Sari)
(Jurnal Teknik Informatika)


Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Groups Algorithm Programming Analysis

ABSTRAK

Perusahaan PT.Gunung Sari Adalah Perusahaan yang bergerak di bidang perdangan alat – alat listrik di kota Medan dan beranggotakan sekitar 170 karyawan dengan kantor cabanngya masing-masing. Dalam alur kerjanya terdapat banyak SDM yang berperan penting, salah satunya adalah pengolahan manajemen SDM kepegawaian. jabatan penting di PT. Gunung Sari banyak mengalami kekosongan. Jumlah karyawan yang cukup banyak sehingga perencanaan jenjang karir dari tiap karyawan menjadi sulit dan menghabiskan banyak waktu. Beberapa masalah yang terjadi dalam proses penilaian kinerja karyawan menjadi cukup kompleks, terutama jika beberapa karyawan yang memiliki kemampuan dan beberapa pertimbangan lain yang tidak jauh berbeda. Pengolahan data yang dilakukan lewat komputerisasi jauh lebih baik dibandingkan dengan cara manual, lebih efisien dan efektif.

Dalam proses sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan untuk suatu jabatan pada PT. Gunung Sari menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada instansi, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi dengan mengamati secara langsung proses bekerja yang dilaksanakan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai objek yang diteliti.Wawancara yaitu melakukan dialog secara langsung dengan pihak yang berwenang dalam memberikan keterangan terhadap data yang dibutuhkan dan studi literatur dengan mencari pustaka-pustaka yang menunjang.

Kata kunci : DSS, Metode GAP, Evaluasi Jabatan

1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Sumber daya manusia di dalam suatu organisasi perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung kemajuan dan kualitas perusahaan dalam mencapai tujuan.Penilaian jabatan merupakan suatu faktor yang sangat penting bagi perencanaan karir pegawai dan juga untuk meremajakan suatu posisi jabatan agar diduduki oleh seseorang yang mempunyai kriteria-kriteria yang cocok untuk menempati suatu jabatan yang diusulkan, seringkali proses kenaikan jabatan dan perencanaan karir pada perusahaan hanya didasarkan pada factor tertentu saja, yaitu tingkat pendidikan, lamanya waktu bekerja dan golongan.

Sistem pendukung keputusan dalam dunia komputerisasi berkembang pesat, dengan sistem ini manusia dapat memperoleh informasi dalam mendukung keputusan. Sistem Pendukung Keputusan atau dikenal dengan SPK merupakan bagian dari sistem informasi yang berbasis komputer. Terdapat beberapa tahapan dalam sistem pendukung keputusan yaitu mendefinisikan masalah, pengumpulan data yang relevan dan sesuai, pengolahan data menjadi informasi, dan menentukan alternatif solusi. Sistem ini membantu mendukung dalam pengambilan keputusan pada seseorang dan organisasi baik perusahaan maupun instansi. SPK dapat memberikan alternatif solusi bila seseorang atau sekelompok orang sulit dalam menentukan keputusan yang tepat dan sesuai. Dengan SPK diharapkan dapat memberikan informasi yang nantinya akan memberikan alternatif solusi pada masalah yang terjadi.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode  Groups Algorithm Programming Analysis, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.