Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Ketua Poragam Studi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Ketua Poragam Studi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Ketua Poragam Studi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Simple Additive Weighting (SAW)

ABSTRAK

Setiap manusia adalah pemimpin, paling tidak menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri. Untuk bisa memimpin orang lain, maka calon pemimpin tersebut harus memiliki kelebihan dari orang-orang yang akan dipimpinnya. Memilih ataupun mengangkat seseorang untuk menjadi pemimpin yang tepat pada bidangnya adalah hal yang sangat sulit dilakukan, apalagi jika pemilihan ataupun pengangkatan tersebut tidak dilakukan dengan transparan. Ketua program studi adalah jabatan strategis dalam perguruan tinggi, yang bertanggung jawab atas maju mundur suatu jurusan pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

Sistem pendukung keputusan merupakan sebuah sistem berbasis komputer yang dapat dirancang untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan mengenai hasil pemilihan ketua program studi di STMIK Budidarma Medan. Dalam pemilihan ketua program studi STMIK Budidarma Medan dilakukan dengan menerapkan assessment center menggunakan metode simple additive weighting, yaitu suatu metode yang digunakan untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu melalui penjumlahan terbobot dari rating kinerja setiap alternatif pada setiaf atribut.

Kata kunci: sistem pendukung keputusan, assessment center, simple additive weighting, ketua program studi


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah 

Setiap manusia adalah pemimpin, dan seminimal-minimalnya manusia sebagai pemimpin adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Untuk bisa memimpin orang lain, maka manusia tersebut harus memiliki kelebihan yang lebih dari manusia yang lainnya. Di era globalisasi saat ini merupakan suatu perubahan baru di dalam kehidupan manusia. Teknologi dan ilmu pengetahuan merupakan salah satu perubahan yang paling mempengaruhi pola hidup manusia. Perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan tersebut tidak terlepas dari pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh manusia. Manusia dengan akal pikirnya mampu membuat sesuatu yang bisa menghasilkan dan berguna bagi kehidupannya, kemampuan tersebut dikenal dengan sumber daya manusia (SDM).

Paradigma baru pengelolaan pendidikan tinggi mengacu pada peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran yang melibatkan semua unsur akademik di perguruan tinggi, mulai dari pimpinan, biro akademik, fakultas/jurusan dan program studi. Program studi bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian suatu kurikulum yang telah ditetapkan.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simple Additive Weighting (SAW), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.