Jurnal : Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Angina Pektoris (Angin Duduk) Dengan Menggunakan Metode Bayes

Jurnal : Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Angina Pektoris (Angin Duduk) Dengan Menggunakan Metode Bayes

Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Angina Pektoris (Angin Duduk) Dengan Menggunakan Metode Bayes
(Jurnal Teknik Informatika)

Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Angina Pektoris (Angin Duduk) Dengan Menggunakan Metode Bayes
ABSTRAK

Sistem pakar biasa diterapkan dalam bidang kedokteran untuk penanganan suatu penyakit. Angina pektoris atau disebut juga Angin Duduk adalah penyakit jantung iskemia didefinisikan sebagai berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke dalam miokardium. Gangguan tersebut bisa karena suplai oksigen yang turun (adanya aterosklerosis koroner atau spasme arteria koroner) atau kebutuhan oksigen yang meningkat.

Sebagai manifestasi keadaan tersebut akan timbul Angina pektoris yang pada akhirnya dapat berkembang menjadi infark miokard. Angina pektoris dibagi menjadi 3 jenis yaitu Angina klasik (stabil),angina printzmeta, dan Angina tidak stabil. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari aplikasi sistem pakar  engan menggunakan metode bayes yang diimplementasikan dalam aplikasi sistem pakar untuk menentukan penyakit angina pektoris.

Kemudian data dianalisa untuk diaplikasikan pada arsitekktur sistem pakar. Implementasinya sistem pakar ini di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic 6.0. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak yaitu yang mampu menentukan penyakit angina pektoris dengan perhitungan dari gejala.

Kata Kunci : Metode Bayes, angin Duduk, Pektoris

1. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi sangat mendapatkan sambutan positif oleh semua manusia. Hal ini pendorong para ahli untuk semangkin mengembangkan komputer agar dapat membantu kerja manusia menjadi lebih cepat, bahkan melebihi kemampuan manusia itu sendiri. Di AS kurang lebih 50% dari penderita jantung koroner (PJK) mempunyai manifestasi angina pektoris, jumlah  angina pektoris sulit diketahui. Dilaporkan bahwa insiden angina pektoris pertahun pada penderita di atas 3 tahun sebesar 213 penderita/100.000 penduduk.

Karena terkadang sulitnya para penderita menemukan tenaga ahli di bidang pengobatan angina pektoris dan didaerah-daerah terkecilpun terkadang sangat sulit menemukan tenaga ahli untuk pengobatan suatu penyakit, di sini penulis ingin memudahkan para tenaga ahli untuk mengetahui gejala-gejala awal penyakit angina pektoris dengan mendiagnosa gejala-gejala dari para penderita, aplikasi ini juga dapat untuk para penderita yang terkadang tidak mampu untuk mengkonsultasikan penyakitnya dengan para ahli dikarenakan biaya yang dikeluarkan terkadang terlalu tinggi/mahal.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Bayes , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.