gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mandul Pada Pria Dan Wanita Dengan Menggunakan Certainty Factor Berbasis Web

Post a Comment
Jurnal : Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mandul Pada Pria Dan Wanita Dengan Menggunakan Certainty Factor Berbasis Web


ABSTRAK 

Sistem pakar (expert system) secara umum adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli kemandulan memang merupakan persoalan serius yang cukup menakutkan bagi pasangan suami istri. Apalagi, ketika mereka belum juga dikaruniai seorang anak dari hasil perkawinannya. Mereka dapat diketahui memiliki tanda-tanda kemandulan apabila sang istri belum juga hamil dalam tenggang waktu tertentu dari pernikahannya. Kemandulan atau yang dalam bahasa kedokterannya dikenal dengan istilah infertilitas adalah kondisi menunjukkan tidak terdapatnya pembuahan dalam waktu satu tahun setelah melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan kontrasepsi . Diharapkan dengan sistem ini, para pria dan wanita dapat menyelesaikan masalah tertentu baik sedikit rumit ataupun rumit sekalipun tanpa bantuan para ahli dalam bidang tersebut. Sedangkan bagi para ahli, sistem ini dapat digunakan sebagai asisten yang berpengalaman. Aplikasi yang dikebangkan ini bertujuan untuk menentukan jenis gangguan pada pria dan wanita yang terkena penyakit mandul mulai dari usia 21 tahun ke atas dengan hanya memperhatikan gejala-gejala yang dialami. Dengan menggunakan metode certainty factor (CF), didapatkan nilai kemungkinan seseorang terkena penyakit mandul atau tidak. Metode certainty factor sangat bermanfaat untuk sistem pakar penyakit mandul. 

Kata Kunci : Sistem Pakar, Mandul, Certainty Factor, Web. 

Pendahuluan 

Selama ini, kemandulan memang merupakan persoalan serius yang cukup menakutkan bagi pasangan suami istri. Apalagi, ketika mereka belum juga dikaruniai seorang anak dari hasil perkawinannya. Mereka dapat diketahui memiliki tanda-tanda kemandulan apabila sang istri belum juga hamil dalam tenggang waktu tertentu dari pernikahannya. Kemandulan atau yang dalam bahasa kedokterannya dikenal dengan istil ah infertilitas adalah kondisi menunjukkan tidak terdapatnya pembuahan dalam waktu satu tahun setelah melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan kontrasepsi. Diperkirakan sebanyak 85-90% pasangan yang sehat akan mendapat pembuahan dalam satu tahun. Sekitar 8-10% pasangan diseluruh dunia mengalami infertilitas selama masa reproduksinya. Sudah diketahui bahwa penyakit mandul sering tidak disadari dan diabaikan, walaupun sebenarnya penyakit ini dapat merengut kebahagiaan seseorang ataupun pasangan suami istri. Maka ilmu pengetahuan masyarakat akan cara menghindari penyakit mandul ataupun mengobatinya sejak dini. Mengobati memang keharusan bagi kita, tetapi alangkah baiknya mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Maraknya saat ini para pria dan wanita tidak tahu bahwa dirinya mengalami penyakit mandul. 

Peneliti : Sepdiarina Simarmata

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mandul Pada Pria Dan Wanita Dengan Menggunakan Certainty Factor Berbasis Web

Keywords : Jurnal Metode Certainty Factor Berbasis Web , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment