Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tumor Sumsum Tulang Belakang Dengan Fuzzy Logic

Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tumor Sumsum Tulang Belakang Dengan Fuzzy Logic

Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tumor Sumsum Tulang Belakang Dengan Fuzzy Logic


ABSTRAK 

Sistem pakar (expert system) secara umum adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer pakar dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Atau dengan kata lain sistem pakar adalah sistem yang didesain dan diimplementasikan dengan bantuan bahasa pemograman tertentu untuk dapat menyelesaikan masalah ssperti yang dilakukan oleh para ahli. Penyakit Tumor sumsum tulang belakang sangat jarang ditemui. Kasus tumor tulang belakang yang paling banyak terjadi adalah adalah metastasis, yaitu kanker berasal dari bagian lain dari tubuh dan menyebar ke tulang belakang. Ketika kanker menyebar atau berasal di daerah ini, biasanya mempengaruhi satu atau lebih bagian tulang belakang. Jika seseorang mengembangkan kanker tulang belakang, baik primer atau sekunder, ia akanmenunjukkan gejala penyakit yang berbeda. Kanker tulang primer di tulang belakang jarang terjadi. Kankerpada tulang belakang dapat menyebabkan hancurnya sel-sel sehat tulang penderita. Tumor kanker tidak hanyamerusak tulang tulang belakang tetapi juga merusak sumsum tulang belakang penderitanya. Pada skripsi ini,peneliti bertujuan untuk merancang sistem pakar untuk diagnosis penyakit tumor sumsum tulang belakang dengan menggunakan metode fuzzy logic dengan memperhatikan gejala-gejala yang dialami. Metode ini diformulasikan dalam rangka mencari nilai tengah antara bilangan Aristoteles 0 dan 1. Logika biner 0 atau 1 dasarnya berfikirnya adalah dari filsuf Aristoteles yang mengajarkan hukum berfikir bahwa sesuatunya mesti tergolong benar atau salah. 

Kata kunci : Sistem Pakar, Penyakit Tumor Sumsum Tulang Belakang, Fuzzy Logic 


Pendahuluan 

Sistem pakar merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dalam mendiagnosa kanker sumsum tulang belakang di perlukan sistem pakar. Untuk mendapatkan informasi, sistem pakar menanyakan fakta-fakta yang akan menunjukkan gejala penyakit tersebut dan dapat membuat penalaran (infrensi) dan sampai pada sebuah kesimpulan. Kemudian sistem pakar memberikan penjelasan atas hasil konsultasi yang telah dilakukan. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli dibidangnya. Sistem pakar ini juga dapat membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Terdapat dua ciri utama sistem pakar, yaitu pengetahuan dan penalaran. Untuk memenuhi keduanya, dalam suatu sistem pakar harus memiliki basis pengetahuan dan mesin inferensi. Bagi para ahli, Sistem pakar juga akan membantu aktivitasnya sebagai asisten yang sangat berpengalaman. Sistem pakar banyak dikembangkan dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang diagnosis medis. 

Peneliti : Lilis Marintan Banjarnahor

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tumor Sumsum Tulang Belakang Dengan Fuzzy Logic


Keywords : Jurnal Metode Fuzzy Logic , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.