Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Kanker Serviks Menggunakan Metode Bayes

Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Kanker Serviks Menggunakan Metode Bayes

Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Kanker Serviks Menggunakan Metode Bayes

ABSTRAK 

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, sering kali kesehatan menjadi kendala dalam aktifitas sehar-hari, kanker serviks adalah salah satu contoh penyakit yang sangat rawan diderita oleh wanita. Banyak macam cara untuk mendiagnosa namun banyak yang memerlukan waktu yang lama dan hasil yang kurang efektik. Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke computer, dan merupakan salah satu alternative untuk mendiagnosa suatu penyakit berdasarkan gejala-gejala yang terjadi. Melalui system pakar maka memudahkan dalam mendiagnosa sejauh mana tingkat keparahan kanker serviks yang di derita seseorang, dan tentunya juga memerlukan proses identifikasi yang akurat untuk memberikan hasil keputusan yang tepat. Metode identifikasiyang digunakan adalah metode bayes. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk membantu penderita kanker serviks menentukan kemungkinan tingkat keparahan kanker serviks menentukan tingkat keparahan kanker serviks yang diderita sehingga dapat dilakukan penanganan lebih lanjut 

Kata kunci : Sistem Pakar, Kanker Serviks, Metode Bayes 


Pendahuluan 

Di Indonesia, kaum wanita yang mengidap kanker cukup tinggi terutama pada kanker serviks. Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah kanker pada sistem reproduksi wanita. Kanker serviks sampai saat ini merupakan salah satu penyebab kematian kaum wanita yang cukup tinggi, baik di negara-negara maju maupun Negara berkembang seperti Indonesia. Bahkan di Indonesia, kanker serviks merupakan kanker nomor satu yang umum diderita wanita Indonesia. Kanker serviks atau sering dikenal dengan kanker mulut rahim atau kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada serviks uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina). Menurut Globacan (2002) di seluruh dunia setiap tahun terdapat 493.243 wanita terdiagnosa kanker serviks dan 273.505 diantaranya meninggal dunia, sehingga dapat diambil rata – rata bahwa lebih dari 700 wanita meninggal setiap hari karena kanker serviks. Di Indonesia, kanker serviks menempati urutan pertama kanker pada wanita. Penyakit kanker mempunyai stadium tersendiri tergantung jenis kanker yang diderita, begitu juga pada kanker serviks. Stadium kanker berfungsi untuk menggambarkan kondisi kanker yaitu ukuran sel kanker, letak penyebaran dan pengaruhnya terhadap organ tubuh yang lain. Dengan mengetahui stadium kanker yang diderita oleh pasien, dokter dapat melakukan tindakan pengobatan medis yang tepat bagi pasien. 

Peneliti : Liliana Novida

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Kanker Serviks Menggunakan Metode Bayes


Keywords : Jurnal Metode Bayes , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.