Jurnal : Perancangan Sistem Pengontrolan Gadai Laptop Pada Computer Dengan Metode Economic Value Added (EVA)

Jurnal : Perancangan Sistem Pengontrolan Gadai Laptop Pada Computer Dengan Metode Economic Value Added (EVA)

Perancangan Sistem Pengontrolan Gadai Laptop Pada Computer Dengan Metode Economic Value Added (EVA)
(Jurnal Teknik Informatika)



Perancangan Sistem Pengontrolan Gadai Laptop Pada Computer Dengan Metode Economic Value Added (EVA)


ABSTRAK

Sejauh ini beberapa mekanisme sistem pengontrolan gadai masih dikerjakan secara manual serta proses transaksi dilapangan tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan,dan juga sulitnya untuk mengetahui perkembangan perusahaan secara detail.maka dirasa perlu untuk membangun suatu sistem yang dapat mambantu pihak penyelenggara gadai dalam mengontrol segala aspek transaksi yang berjalan dengan tepat dan sesuai.

Untuk membantu penyelesaian permasalahan yang ada harus di dibuat sistem pengontrolan yang teroganisir dengan rapi dan sederhana.Salah satu metode yang dapat digunakan untuk membantu sistem pengontrolan tersebut adalah dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA). Pada penelitian ini akan diangkat sebuah kasus yaitu mengetahui apakah sebuah perusahaan mengalami peningkatan secara ekonomi berdasarkan sistem pengontrolan yang telah dibuat ditentukan dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA) untuk melakukan perhitungan pada kasus tersebut. Metode ini dipilih karena mampu menentukan kinerja sebuah perusahaan apakah memperolah nilai tambah ekonomi atau mengalami penurunan.

Kata kunci : Sistem pengontrolan,economic value added,pegadaian. 


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
 Pengadaian merupakan lembaga keuangan bukan bank yang memberikan kredit dengan masyarakat dengan cara khusus yaitu hukum gadai. Menurut hukum gadai calon peminjam mempunyai kewajiban untuk menyerahkan barang atau hartanya sebagai jaminan kepada pihak pengadaian. BlessComputer adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan dan pegadaian laptop yang sangat berkembang pesat di kota Medan.

Namun segala aktivitas yang dilakukan semua masih manual baik transaksi penjualan, pegadaian dan kegiatanlainnya belum menggunakan sitem komputerisasi. Proses pengolahan informasi data gadai dilakukan secara manual sehingga seringkali terjadi kesalahan informasi yang dilakukan pihak adminatrasi dan sekretaris dalam membuat laporan gadai terhadap pimpinan perusahaan.Dengan adanya perkembangan tehnologi komputer di bidang sistem informasi dan melihat karakteristik permasalahan di atas merupakan masalah yang kurang terstruktur, cukup rumit dan kompleks, juga merupakan tanggungjawab pihak manajemen menengah dan puncak yang harus dilakukan secara tepat dan efisien sehingga menghasilkan suatu pemecahan masalah yang akurat.Economic Value Added (EVA) merupakan indikator tentang adanya penambahan nilai dari suatu investasi setiap tahun pada suatu perusahaan


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode  Economic Value Added (EVA) , sistem informasi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.