gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengetahui Infertilitas Pada Perempuan Menggunakan Metode Certainty Factor

Post a Comment
Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengetahui Infertilitas Pada Perempuan Menggunakan Metode Certainty Factor

ABSTRAK 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat maka manusia menemukan banyak cara demi mencapai kemudahan dalam penyelesaian masalah. Seperti halnya ketika dihadapkan pada suatu permasalahan tertentu maka seseorang biasanya berkonsultasi dengan seorang ahli atau expert dibidang permasalahan tersebut untuk menemukan suatu pemecahannya. Pemecahan masalah-masalah yang komplek biasanya hanya dapat dilakukan oleh sejumlah orang yang sangat terlatih, yaitu pakar. Banyak permasalahan yang dapat diketahui solusinya dengan menggunakan sistem pakar, salah satunya adalah untuk mengetahui infertilitas pada perempuan. Infertilitas merupakan suatu masalah yang cukup sensitif bagi pasangan suami istri yang sulit mempunyai anak. Perancangan sistem pakar untuk mengetahui infertilitas pada perempuan. Perancangan sistem pakar ini merupakan pengembangan dari artificial inteligence yaitu sistem pakar yang menggunakan metode certainty factor yang mampu menunjukkan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan. 

Kata Kunci: Diagnosis, Infertilitas dan Certainty Factor Pendahuluan 


Pengetahuan 

sistem pakar dibentuk dari kaidah atau pengalaman tentang perilaku elemen dari domain bidang pengetahuan tertentu. Pengetahuan pada sistem pakar diperoleh dari orang yang mempunyai pengetahuan pada suatu bidang tertentu, buku-buku, jurnal ilmiah, majalah, ataupun dokumentasi lainnya. Sumber pengetahuan tersebut biasanya dikenal dengan sumber keahlian. Pengetahuan-pengetahuan tersebut dioperasikan dalam format tertentu dan dihimpun dalam suatu basis pengetahuan. Basis pengetahuan ini selanjutnya dipakai sistem pakar untuk menentukan penalaran atas problema yang dihadapinya. Sebagaimana diketahui, bahwa salah satu tujuan dalam melangsungkan pernikahan adalah untuk memperoleh keturunan (anak). Permasalahan sering muncul pada saat anak yang diharapkan tersebut belum didapatkan sementara pasangan suami istri tersebut tidak melaksanakan program “Keluarga Berencana”. 

Peneliti : Weni Wilda Sari

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengetahui Infertilitas Pada Perempuan Menggunakan Metode Certainty Factor


Kata Kunci : Jurnal Metode Certainty Factor , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment