Jurnal : Perancangan Simulator Driving Car Dengan Menggunakan Metode Augmented Reality (AR)

Jurnal : Perancangan Simulator Driving Car Dengan Menggunakan Metode Augmented Reality (AR)

Jurnal : Perancangan Simulator Driving Car Dengan Menggunakan Metode Augmented Reality (AR)

ABSTRAK 

Dalam era globalisasi ini terjadi berbagai perkembangan dalam berbagai bidang dan terutama teknologi, perkembangan juga berimbas pada kebutuhan alat transportasi pribadi. Tidak menutup kemungkinan bahwa penduduk yang hidup di kota sangat bergantung pada kendaraan pribadi, membuat orang tidak bisa menolak godaan untuk memiliki paling tidak satu unit mobil, lepas dari kenyataan bahwa sebelum itu mereka harus mahir bagaimana mengemudi mobil tersebut. Peranan sebuah simulator sangat dibutuhkan dalam mensimulasikan sebuah sistem ke dalam program komputer.Manfaat dari simulasi ialah mengurangi risiko saat dilakukan pengujian fisik dan dengan adanya perhitungan parameter-parameter sistem saat simulasi maka dapat diperoleh parameter yang optimal sebelum sistem direalisasikan.Hal ini tentunya lebih menghemat biaya dan waktu dibandingkan jika pengujian fisik langsung dilakukan. Dalam perancangan simulator driving car ini penulis menggunakan metode Augmented Reality, dimana augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan. 

Kata kunci :Simulator, Augmented Reality 

Pendahuluan 

Dalam era perkembangan teknologi komputer saat ini, banyak sekali teknologi yang digunakan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan komputer seperti simulator, mendorong munculnya berbagai revolusi dan inovasi baru dalam penyajian simulator untuk memenuhi kebutuhan informasi. Kemajuan teknologi simulasi yang terus berkembang pesat ditunjukkan oleh media-media elektronik yang serba digital.Hal tersebut menjadikan teknologi simulasi memegang peranan penting untuk mendukung perkembangan dan kemajuan sebuah instansi. Simulator dalam buku karangan Depdiknas (2005: 1068) adalah program yang berfungsi untuk menyimpulkan suatu peralatan, tetapi kerjanya agak lambat daripada keadaan yang sebenarnya.Simulator juga dapat diartikan sebagai simulasi atau objek fisik-benda nyata. 

Peneliti : Prastiawan

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Perancangan Simulator Driving Car Dengan Menggunakan Metode Augmented Reality (AR)



Keywords : Jurnal Metode Augmented Reality (AR) ,Algoritma, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.