Jurnal : Perancangan Aplikasi Reduksi Noise Pada Citra Digital Dengan Metode Vector Median Filtering (VMF)

Jurnal : Perancangan Aplikasi Reduksi Noise Pada Citra Digital Dengan Metode Vector Median Filtering (VMF)

Perancangan Aplikasi Reduksi Noise Pada Citra Digital Dengan Metode Vector Median Filtering (VMF)
(Jurnal Teknik Informatika)



Perancangan Aplikasi Reduksi Noise Pada Citra Digital Dengan Metode Vector Median Filtering (VMF)


ABSTRAK

Noise yang merupakan gangguan pada citra berupa bintik-bintik dapat mengurangi keindahan sebuah citra tersebut. Salah satu teknik yang digunakan untuk mereduksi noise adalah filtering yang melakukan pengurangan noise pada pixel-pixel citra. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Vector Median Filtering (VMF) yang melakukan reduksi pada noise dengan cara mengganti nilai pixel dengan nilai intensitas pixel yang memiliki akumulasi selisih terkecil terhadap pixel tetangganya. Pengujian dilakukan untuk memperoleh nilai Mean Squared Error (MSE) dan Peak Signal to Noise Ratio (PSNR). MSE dan PSNR menghasilkan nilai untuk mengukur tingkat kinerja dari metode yang digunakan. Dari hasil pengujian, metode Vector Median Filtering lebih baik (dalam hal efektifitas) daripada beberapa metode reduksi noise lainnya yang dalam hal ini adalah Arithmetic Mean Filtering dan Median Filtering. Namun kekurangan dari metode Vector Median Filtering terletak pada proses reduksi yang membutuhkan waktu cukup lama dari pada metode lainnya. 

Kata Kunci : noise, pixel, dan Vector Median Filtering (VMF).


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Citra yang merupakan suatu bentuk representasi, yang menggambarkan kemiripan dari suatu obyek atau benda. Citra yang dikenal dalam komputer adalah citra dalam format digital. Meskipun sebuah citra kaya akan informasi, namun sering kali citra mengalami penurunan mutu, misalnya mengandung cacat atau noise. Noise (derau) adalah gambar atau pixel yang mengganggu kualitas citra. Derau dapat disebabkan oleh proses capture yang tidak sempurna, pencahayaan yang tidak merata yang mengakibatkan intensitas tidak seragam, kontras citra terlalu rendah sehingga objek sulit dipisahkan dari latar belakangnya, atau gangguan fisik (optik), maupun secara disengaja akibat proses pengolahan yang tidak sesuai dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi noise tersebut perlu dilakukan usaha untuk memperbaiki kualitas citra. Salah satu teknik yang digunakan adalah reduksi noise yang melakukan restorasi citra dengan cara peningkatan kualitas. Dalam reduksi noise, terdapat beberapa metode yang sering digunakan, dua diantaranya adalah Arithmetic Mean Filtering dan Median Filtering. Arithmetic Mean Filtering yang merupakan salah satu filter yang bekerja dengan menggantikan intensitas nilai pixel dengan rata-rata dari nilai pixel tersebut dengan nilai pixel-pixel tetangganya. Sedangkan Median Filtering adalah salah satu teknik filter yang mengurutkan nilai intensitas  sekelompok pixel, kemudian mengganti nilai pixel yang diproses dengan nilai mediannya (nilai tengahnya).


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Vector Median Filtering (VMF) ,Algoritma, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.