Jurnal :Penerapan Kriptografi Rijndael Dalam Mengamankan File Menggunakan Interface USB Flashdisk (Memory External)

Jurnal :Penerapan Kriptografi Rijndael Dalam Mengamankan File Menggunakan Interface USB Flashdisk (Memory External)

Jurnal :Penerapan Kriptografi Rijndael Dalam Mengamankan File Menggunakan Interface USB Flashdisk (Memory External)
(Jurnal Teknik Informatika)
Kriptografi Rijndae

ABSTRAK

Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana suatu pesan atau dokumen kita aman, tidak bisa dibaca oleh pihak yang tidak berhakdan untuk mengamankan file dokumen perlu sebuah metode yang aman dan untuk itu penulis memilih metode rijndael dan sebuah USB Flash sebagai kunci yang aman dan berbeda, USB Flash Disk merupakan sebuah hardware yang biasa digunakan untuk menyimpan file-file yang ada di computer dan setiap flash disk memiliki key yang berbeda sehingga akan lebih aman dalam mengamankan dokumen USB Flash Disk merupakan sebuah hardware yang biasa digunakan untuk menyimpan file-file yang ada di komputer, sehingga file tersebut bisa dibawa kemana saja dan kapan saja bisa di modifikasi. Penggunaan flash sebagai kunci sangat tepat dirasa karena hal ini seperti hardware dongle (USB Dongle) yang biasa digunakan sebagai password untuk masuk ke system seperti pada software magic dan zahir accounting yang menggunakan USB Dongle sebagai kunci akses.

Kata Kunci : Kriptografi, Rijndael, USB Flash Disk.


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Dalam era globalisasi sekarang ini, komputer merupakan alat yang sangat dibutuhkan oleh banyak instansi dan perusahaan-perusahaan milik negara maupun swasta. Pemakaian komputer dewasa ini semakin berkembang pesat di segala bidang sesuai dengan kemajuan jaman. Hal ini ditandai dengan semakin bertambahnya jenis-jenis sistem operasi komputer yang digunakan mulai dari Microsoft Windows, Mac OS hingga Linux. Jaja Sudrajat, Manahan P Siallagan, Budhi Irawan (2011) “IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI UNTUK MENGAMANKAN DATA DENGAN MENGUNAKAN METODE RIJNDAEL”. Agar dapat menghasilkan pengamanan komputer berbasis kata kunci yang memiliki tingkat kerahasiaan yang tinggi, haruslah dilakukan penyandian terhadap kata sandi tersebut baik untuk proses penguncian maupun proses pembukaan kunci pengamanan. Salah satu metode penyandian yang cukup baik untuk digunakan adalah Metode Rijndael. Dengan menggunakan metode Rijndael, kata kunci akan dienkripsi terlebih dahulu pada saat disimpan untuk kemudian didekripsi pada saat proses verifikasi. Kata kunci yang dipergunakan merupakan key dari flash disk sehingga proses keamanan datanya akan menjadi lebih baik, untuk proses enkripsi dekripsi file flashdisk harus dikenali terlebih dahulu jika tidak ada flashdisk maka proses enkripsi dan dekripsi tidak dapat dilakukan.




Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal  Kriptografi Rijndael  , sistem informasi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.