Jurnal : Penerapan Data Mining Frekuensi Pembelian Elpiji 3 KG Menggunakan Software Roseta

Jurnal : Penerapan Data Mining Frekuensi Pembelian Elpiji 3 KG Menggunakan Software Roseta

Jurnal : Penerapan Data Mining Frekuensi Pembelian Elpiji 3 KG Menggunakan Software Roseta

ABSTRAK 

Menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer. Komputer sebagai alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Dalam hal ini, sangat terkait dengan betapa diperlukannya tenaga kerja yang mampu mengoperasikan komputer dalam menyelesaikan pekerjaan. Metode yang dilakukan penulis dalam menyusun laporan Skripsi ini adalah melakukan Riset langsung di UD. Maju jaya Tanjung Morawa dengan studi pustaka yaitu mengumpulkan informasi dari buku-buku dan media internet yang menghubungkan dengan penelitian yang penulis lakukan. Untuk dapat memperoleh keakuratan data dalam setiap pekerjaan, dimana pada saat sekarang teknologi yang semakin modern maka dari analisa penulis lakukan Pada Bagian Pengembangan Distribusi, Industri dan Perdaagangan pada UD. Maju Jaya diperlukan suatu sistem yang dapat menambah efesiensi dan efektivitas kerja. Dengan Skripsi ini penulis mencoba menerapkan data Mining dengan Menggunakan software Rosetta dengan harapan hasil kerja yang diperoleh maksimal dan memuaskan.

Kata Kunci : Data Mining, Apriori, Elpigi 


Pendahuluan 

Sistem pendukung keputusan memilikikomponen dasar sub sistem, yaitu sub sistem manajemen basis data, sub sistem manajemen basis model dan sub sistem perangkat lunak. Ketiga sub sistem ini memungkinkan seorang penggambil keputusan. Untuk menelusuri setiap konsekuensi keputusan, dan berinteraksi secara leluasa. Sebagai salah satu contoh, dalam proses pengambilan keputusan dari penyediaan stok tebung elpiji 3 kg Berdasarkan frekuensi isi ulang tabung 3 kg setiap anggota keluarga yang mengisi ulang tabungnya di UD. Maju Jaya. Pengambil keputusan yang dilakukan selama ini sering kali terjadi kelemahan – kelemahan dalam keputusan yang diambil dan lambat dalam penghasilan keputusan, ini terjadi karena kurang dimaksimalkannya penggunaan teknologi informasi yang sudah ada, jika dioptimalkan sebaik mungkin akan menghasilkan sesuatu alternatif yang tepat. Pengambilan keputusan tersebut untuk menentukan penyediaan jumlah stok tabung elpiji 3 kg secara akurat di bulan berikutnya berdasarkan frekuensi isi ulang tabung 3 kg tiap jumlah anggota keluarga, harus menggunakan teknologi informasi secara optimal, supaya mampu memilih sesuatu alternatif keputusan yang tepat. Penggunaan teknologi informasi yang menggunakan suatu teknik dari suatu sistem pengambilan keputusan layak digunakan, karena keputusan yang tepat akan lebih mudah diambil.

Peneliti : Qahhar Icsan

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Penerapan Data Mining Frekuensi Pembelian Elpiji 3 KG Menggunakan Software Roseta



Kata Kunci : Jurnal Menggunakan Software Roseta, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.