Jurnal : Implementasi Histogram Equalization Untuk Perbaikan Noise Pada Citra Digital

Jurnal : Implementasi Histogram Equalization Untuk Perbaikan Noise Pada Citra Digital

Jurnal : Implementasi Histogram Equalization Untuk Perbaikan Noise Pada Citra Digital
(Jurnal Teknik Informatika)

Histogram Equalization

ABSTRAK

Derau (Noise) adalah gambar atau piksel yang mengganggu kualitas citra. Derau dapat disebabkan oleh gangguan fisis(optik) pada alat akuisisi maupun secara disengaja akibat proses pengolahan yang tidak sesuai. Contohnya adalah bintik hitam atau putih yang muncul secara acak yang tidak diinginkan di dalam citra. bintik acak ini disebut dengan derau salt & pepper.Banyak metode yang ada dalam pengolahan citra bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan noise.Noise dapat mempengaruhi proses pengolahan (fitra pada langkah selanjutnya. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu proses noise untuk mengurangi noise yang terdapat pada suatu citra. Proses pengurangan noise memberikan penganw- yang besar pada pengolahan citra digital. Dengan proses tersebut akan didapatkan data yang lebih akurat dan representatif pada keadaan sesungguhnya. Sehingga hasil yang didapatkan pada proses selanjutnya lebih baik.

Kata Kunci: Citra Digital, Noise, Histogram Equalization


1. Pendahuluan

Citra digital (image) istilah lain untuk gambar, sebagai salah satu komponen multimedia memegang peranan yang sangat penting sebagai bentuk informasi visual. Citra mempunyai karakteristik yang tidak dimiliki oleh data teks yaitu citra kaya dengan informasi. Ada sebuah peribahasa yang berbunyi “Sebuah gambar bermakna lebih dari seribu kata”, maksudnya sebuah gambar dapat memberikan informasi yang lebih banyak daripada informasi tersebut disajikan dalam bentuk kata-kata (tekstual). Akan tetapi, seringkali informasi yang disajikan dengan citra berbeda dengan informasi aslinya. Dalam hal ini, citra mengalami penurunan mutu misalnya mengandung cacat atau derau, warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur, dan masih banyak lagi. Agar citra mudah diinterpretasi, maka citra yang mengalami degradasi tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain yang kualitasnya lebih baik yaitu melalui sebuah proses yang dinamakan pengolahan citra ( image processing). Pengolahan citra adalah setiap bentuk pengolahan sinyal dimana input adalah gambar, seperti foto atau video bingkai, sedangkan output dari pengolahan gambar dapat berupa gambar atau sejumlah karakteristik atau parameter yang berkaitan dengan gambar.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Histogram Equalization , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.