Jurnal :Implementasi Algoritma Kriptografi Hill Cipher Dalam Penyandian Data Gambar

Jurnal :Implementasi Algoritma Kriptografi Hill Cipher Dalam Penyandian Data Gambar

Jurnal :Implementasi Algoritma Kriptografi Hill Cipher Dalam Penyandian Data Gambar
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma Kriptografi Hill Cipher


ABSTRAK

Citra Digital sebagai salah satu bentuk data digital saat ini banyak dipakai untuk menyimpan photo, gambar ataupun hasil karya dalam format digital. Bila data-data tersebut tidak diamankan, dikuatirkan data tersebut dapat jatuh kepihak yang tidak diinginkan, yang kemudian disalahgunakan untuk hal-hal bersifat negatif. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah menyandikan Citra tersebut sehingga bentuk citra menjadi teracak. Sehingga apabila jatuh ketangan yang tidak diinginkan, citra tersebut juga tidak dapat digunakan.

Dalam penelitian ini akan mencoba mengimplementasikan suatu cabang ilmu matematika yang disebut dengan Kriptografi. Dengan adanya sebuah Kriptografi yang meliputi proses Enkripsi dan Dekripsi maka pesan, data, maupun informasi dapat dikodekan sehingga orang yang tidak berkepentingan tidak dapat membaca informasi tersebut serta mengembalikannya seperti semula, selain orang yang mengetahui kunci untuk mendekripsikannya.

Kata Kunci : Kriptografi Hill Cipher, Penyandian, Gambar



1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Kriptografi muncul didasari atas berkomunikasi dan saling bertukar informasi/data secara jarak jauh.komunikasi dan pertukaran data antar wilayah dan negara ataupun benua bukan lagi menjadi suatu kendala yang berarti. Seiring dengan itu tuntutan akan keamanan terhadap kerahasiaan informasi yang saling dipertukarkan tersebut semakin meningkat. Begitu banyak pengguna seperti departemen pertahanan, suatu perusahaan atau bahkan individu-individu tidak ingin informasi yang disampaikannya diketahui oleh orang lain atau kompetitornya atau negara lain.oleh karena itu munculah Cabang ilmu yang mempelajari tentang cara-cara pengamanan data atau dikenal dengan istilah Kriptografi.

Hamdani, Anindita Septiarini, dan Fajri Nugraha (2009) “Penggunaan Metode Hill Cipher Untuk Kriptografi Pada Citra Digital” : Kriptografi dirasakan semakin penting. Keamanan pengiriman informasi melalui komputer menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Seiring dengan peningkatan kepentingannya, banyak metode-metode yang ditemukan maupun diperluas penggunaannya. Diantara metode-metode tersebut terdapat metode yang hanya membutuhkan operasi matematika sederhana, tetapi juga terdapat metode yang melibatkan teori yang rumit dan sulit implementasinya.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Kriptografi Hill Cipher , sistem informasi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.