Jurnal : Data Mining Perancangan WEB E-Commerce Jual Beli Batu Cincin Dengan Algoritma APRIORI

Jurnal : Data Mining Perancangan WEB E-Commerce Jual Beli Batu Cincin Dengan Algoritma APRIORI

Jurnal : Data Mining Perancangan WEB E-Commerce Jual Beli Batu Cincin Dengan Algoritma APRIORI

ABSTRAK 

Saat ini e-commerce telah menjadi sebuah konsep yang berpengaruh besar dalam dunia perdagangan baik lokal dan dunia pasar interntional dimana pembayaran juga telah menggunakan online payment yang menjadim keamanan dalam bertransaksi seperti PayPal. Market Basket Analysis (MBA) adalah salah satu analisa yang bertujuan untuk menemukan barang yang dibeli bersama dalam transaksi dengan memanfaatkan data transaksi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem penjualan online dengan menerapkan analisa algoritma apriori. Algoritma ini dimulai dengan mencari sejumlah frequent itemset dan dilanjutkan dengan pembentukan aturan-aturan asosiasi (association rules). Algoritma Apriori adalah algoritma yang sangat populer untuk menemukan sejumlah frequent itemset dari data-data transaksi yang tersimpan dalam basis data. Dalam penelitian ini algoritma Apriori digunakan untuk membantu menemukan sejumlah aturan asosiasi dari basis data transaksi penjualan produk batu cincin di Toko Akik Murah Padangsidimpuan, sehingga untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat strategi pemasaran dan penjualan yang efektif. 
Kata kunci : E-commerce, Paypal, Market Basket Analysis, Apriori 


Pendahuluan 

Seiring dengan hadirnya internet akhir-akhir ini yaitu salah satunya metode transaksi yang di lakukan secara online mulai berkembang pesat, bahkan sampai pada beberapa aspek dan kegiatan yang biasa dilakukan secara konvensional sekarang dilakukan dengan menggunakan sistem online. Menurut Esprit yang dikutip oleh Whiteley, e-commerce adalah konsep umum setiap bentuk dari transaksi bisnis atau pertukaran informasi yang dilakukan dengan menggunakan teknologi komunikasi dan informasi. E-commerce digunakan antar perusahaan, antara perusahaan dengan pelanggan mereka, atau antara perusahaan dengan administrasi publik. E-commerce terdiri dari perdagangan produk, jasa dan barang-barang elektronik. Dalam bentuknya yang paling jelas, e-commerce menjual produk kepada konsumen secara online, tapi faktanya jenis bisnis apa pun yang dilakukan secara elektronik adalah e-commerce. Sederhananya, e-commerce adalah membuat, mengelola, dan meluaskan hubungan komersial secara online. Penelitian ini dilakukan untuk Mengetahui bagaimana konsep e-commerce diterapkan dalam sistem jual-beli dan menganalisa algoritma Apriori untuk memanfaatkan data transaksi yang tersimpan pada database web e-commerce Toko Akik Murah guna mengetahui jumlah dan kombinasi item kategori batu yang banyak terjual secara bersamaan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan strategi bisnis melalui analisa dengan algoritma Apriori serta mengetahui cara perancangan desain web e-commerce jual beli batu cincin pada Toko Akik Murah. 

Peneliti : Rizki Muliono

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Data Mining Perancangan WEB E-Commerce Jual Beli Batu Cincin Dengan Algoritma APRIORI

Keywords : Jurnal Dengan Algoritma APRIORI, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.