Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Bantuan Bibit Ikan Mas Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Bantuan Bibit Ikan Mas Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Bantuan Bibit Ikan Mas Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)

(Jurnal teknik Infromatika)

Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)
ABSTRAK

Bantuan adalah segala bentuk pemberian yang didiberikan seseorang kepada individu, kelompok maupunsebaliknya, baik berupa jasa maupun benda yang bermanfaat.

Dinas perikanan dan kelautan kabupaten deli serdang memberikan bantuan bibit ikan mas yangmerupakan salah satu strategi pemerintah dalam rangka pelaksanaan prioritas nasional tentang penanggulangankemiskinan melalui kegiatan program nasional pemberdayaan masyarakat perikanan dan kelautan. Dalam prosespemilihan penerima bantuan ini dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Salah satu metode yang dapatdigunakan untuk system pendukung keputusan adalah dengan menerapkan metode Analitycal Hierarchy Process.

Pada penelitian ini akan mencari alternatif terbaik pada kelompok pembudidaya ikan di dinas perikanandan kelautan kabupaten deli serdang dengan menerapkan metode Analitycal Hirarchy Process. Metode ini dipilihkarena mampu menyeleksi alternatif-alternatif terbaik dari kriteria-kriteria yang ada. Kemudian dilakukan prosesperankingan yang akan merekomendasikan alternatif terbaik dalam seleksi penerima bantuan bibit ikan mas.

Kata kunci: Analitycal Hirarchy Process, Sistem Pendukung Keputusan.

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

Dalam rangka penanggulangan kemiskinanyang merupakan bagian dari pelaksanaan RencanaPembangunan Jangka Panjang, KementerianKelautan dan Perikanan (KKP) telah melaksanakanprogram pemberdayaan masyarakat melalui ProgramNasional Pemberdayaan Masyarakat MandiriKelautan dan Perikanan (PNPM Mandiri KP). Untukmeningkatkan koordinasi pelaksanaan PNPMMandiri KP, mulai tahun 2012, Menteri Kelautandan Perikanan membentuk Tim Koordinasi dibawahkoordinasi Sekretaris Jenderal dengan anggota darimasing-masing dinas terkait yaitu dinas perikanandan kelautan kabupaten/kota. PNPM Mandiri KPuntuk bidang perikanan budidaya dilaksanakanmelalui kegiatan Pengembangan Usaha MinaPedesaan (PUMP) Perikanan Budidaya yang beradapada Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya.

PUMP Perikanan Budidaya merupakankegiatan pemberdayaan masyarakat yangdilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraanmasyarakat pembudidaya ikan. Kegiatan PUMPPerikanan Budidaya ditujukan bagi pembudidayaikan dan masyarakat pesisir disekitar perkampungannelayan yang melakukan kegiatan usaha budidayaikan melalui fasilitasi bantuan pengembangan usaha,yang tergabung dalam kelompok pembudidaya ikan(pokdakan). Pokdakan merupakan salah satukelembagaan masyarakat kelautan dan perikanandibidang perikanan budidaya.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Analytical Hierarcy Process (AHP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.