Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentu Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentu Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)


Abstrak 

Banyaknya karyawan (agen) diperusahaan sekarang ini sering kali membuat tim petugas penyeleksi bingung dalam melakukan penentuan karyawan (agen) terbaik untuk diberikan reward, karena masing-masingdari karyawan (agen) memiliki kriteria. Bahkan petugas penyeleksi masih bingung untuk mentukan karyawan(agen) terbaik diperusahaan tersebut karena pengelolahan data masih kurang akurat. Untuk penentuan karyawan (agen) terbaik banyak kriteria yang dijadikan pertimbangan. Salah satu Sistem metode Pengambilan Keputusan dalam penentuan persoalan yang melibatkan multi-kriteria denganmetode Analytical Hierarchy Process (AHP). Software yang menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah Expert Choise. Salah satu software yang dapat membantu penilaian dan dapat menjadi masukan bagi petugas penyeleksi dalam penentuankaryawan (agen) terbaik berdasarkan tujuan, kriteria dan alternative yang real. 

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, AHP, Expert Choise. 


Pendahuluan 

Karyawan merupakan salah satu aset perusahaan yang juga harus dikelola dengan baik. Usaha efektif dan efisien mengandung arti bahwa output yang dihasilkan oleh setiap karyawan memenuhi apa yang ditargetkan oleh organisasi. Berdasarkan jumlah output atau hasil kerja yang mampu dihasilkan oleh setiap karyawan, dapat diketahui berapa jumlah karyawan yang sesungguhnya diperlukan oleh perusahaan untuk mencapai target (Novera,2010). Pada saat ini pihak perusahaan perlu memikirkan peningakatan kinerja karyawan ditengah persaingan dewasa ini. Salah satu kunci untuk peningkatan kinerja karyawan itu adalah dengan cara memberikan motivasi melalui pemberian reward atau penghargaan pada karyawan (agen) terbaik. Hal ini khusus diperlukan bagi perusahaan yang memberlakukan upaya peningkatan target (hasil) karyawan secaara berkala. Upaya penentuan seaara objektif pemberian reward atau penghargaan karyawan (agen) ini akan sangat bermanfaat untuk memotivasi karyawan supaya dapat bekerja dengan baik. Upaya untuk penentuan pemberian reward atau penghargaan karyawan (agen) terbaik ini terdiri dari sejumlah kriteria yang perlu untuk dipertimbangkan dengan adanya sejumlah alternative karyawan. Sistem pendukung keputusan (DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan/manajemen pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung. 


Untuk lebih lengkapnya anda bisa download jurnal nya di link berikut :

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentu Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)


Keyword : Jurnal Metode Analytical Hierarcy Process (AHP),AHP, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

1 comments:

avatar

kalau mau download jurnalnya dimana gan??

Balas