Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jabatan Dengan Metode Fuzzy Multi-Criteria Decision Making

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jabatan Dengan Metode Fuzzy Multi-Criteria Decision Making

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jabatan Dengan Metode Fuzzy Multi-Criteria Decision Making
(Jurnal Teknik Informatika)



Metode Fuzzy Multi-Criteria Decision Making


ABSTRAK

Konsep Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) merupakan salah satu cabang kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang banyak digunakan. Terdapat banyak metode yang dapat digunakan oleh pengambil keputusan untuk membantu menemukan solusi atau alternatif yang optimum untuk sebuah masalah. Salah satu metode tersebut adalah Fuzzy Multi-Criteria Decision Making (FMCDM). Metode ini akan membantu pengambil keputusan pada situasi dimana terdapat banyak alternatif keputusan dengan beberapa kriteria. Tulisan ini akan mengaplikasi metode FMCDM untuk penerimaan jabatan pada Dinas Pertanian Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara dengan lima alternatif dan tiga kriteria. 

Kata kunci: SPK, FMCDM, Penerimaan jabatan


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Organisasi terdiri dari berbagai elemen yang salah satunya adalah sumber daya manusia.Sedangkan sumber daya lainnya adalah bahan, mesin/peralatan, cara kerja dan modal. Berkenaan dengan sumberdaya organisasi perlu diingat bahwa semua itu tidaklah tersedia secara berlimpah. Ada keterbatasan yang mengakibatkan pemanfaatannya harus dilakukan secara cermat. Proses manajemen yang baik harus bisa memanfaatkan keterbatasan tersebut demi tercapainya tujuan organisasi. Sebagaimana elemen organisasi yang lain sumber daya manusia harus dikelola dengan baik. Bahkan bisa dikatakan bahwa pengelolaan organisasi pada dasarnya adalah proses pengelolaan manusia. Manusia akan mau dan mampu untuk bekerja
dengan baik bilamana dia ditempatkan pada posisi dengan jabatan yang sesuai menurut minat dan kemampuanya serta bilamana dia bisa memenuhi kebutuhannya dengan melakukan pekerjaan itu.

Pada Dinas Pertanian Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara telah ditetapkan kriteria untuk menentukan pegawai yang akan menerima jabatan sebagai Pengawas Mutu Hasil Pertanian, akan tetapi dalam kriteria tersebut masih terdapat data yang tidak pasti, misalnya untuk menduduki jabatan sebagai Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) minimal berpendidikan SMU/SMK. Berarti pegawai yang dapat menduduki jabatan sebagai Pengawas Mutu Hasil Pertanian bukan hanya pegawai yang berpendidikan SMU/SMK melainkan DIII, S1 dan sebagainya (Dinas Pertanian Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, 2013). Bahkan penentuan pegawai untuk ditugaskan pada kelompok jabatan fungsional masih dilakukan secara manual. Untuk itu Dinas Pertanian Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara membutuhkan program bantu untuk mengambil keputusan (Decision Support System) yang optimal.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Fuzzy Multi-Criteria Decision Making, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.