gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Trainer (Staff Pengajar) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : Primagama English Johor)

Post a Comment

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Trainer (Staff Pengajar) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : Primagama English Johor)
(Jurnal Teknik Informatika)



 Metode Simple Additive Weighting (SAW)

ABSTRAK

Primagama English merupakan salah satu tempat bimbingan bahasa Inggris ternama di Indonesia. Pemilihan trainer (staf pengajar) dipilih berdasarkan latar belakang pendidikan serta kualitas kemampuannya. Namun terkadang hal tersebut relatif seimbang sehingga menyebabkan permasalahan baru yakni sulitnya menentukan trainer yang tepat untuk diposisikan sebagai staf pengajar. Oleh karena itu, diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat memberikan rekomendasi untuk mempertimbangkan pemilihan trainer. Salah satu teknik penyelesaian permasalahan pemilihan trainer tersebut adalah dengan proses perankingan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). SAW merupakan bagian dari teknik penyelesaian Fuzzy Multi Atrribute Decission Making (FMADM) yang menggunakan teknik penjumlahan terbobot untuk memperoleh hasil pertimbangan alternatif terbaik.

Kata Kunci: SPK, Trainer, SAW.





1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Di dalam lembaga pendidikan tentu membutuhkan tenaga pengajar untuk melakukan proses belajar mengajar. Primagama English Johor adalah satu contoh cabang lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris ternama di Indonesia yang berkomitmen mengutamakan kualitas pendidikan bagi siswa-siswinya. 

Untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, dibutuhkan trainer (staf pengajar) yang handal di bidang bahasa Inggris. Kriteria yang ditetapkan dalam studi kasus ini adalah pendidikan terakhir, nilai indeks prestasi kumulatif, usia serta status mengajar. Oleh sebab itu tidak semua yang mendaftarkan diri sebagai calon trainer akan diterima, hanya yang memenuhi kriteria-kriteria saja berpeluang direkrut menjadi trainer. Oleh karena jumlah peserta yang mengajukan diri sebagai trainer banyak dan indikator kriteria yang banyak juga, maka perlu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan yang akan membantu penentuan siapa yang berhak untuk direkrut menjadi trainer.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simple Additive Weighting, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.







Related Posts

Post a Comment