Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Gudang di Perusahaan dengan Metode Weighted Product

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Gudang di Perusahaan dengan Metode Weighted Product

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Gudang di Perusahaan dengan Metode Weighted Product

Abstrak
Gudang adalah sebuah bangunan atau ruangan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan semua bahan
pabrik. Fungsi gudang pada sebuah perusahaan sebagai tempat penyimpanan bahan mentah, barang setengah jadidan barang produk yang telah jadi selain itu menjadi tempat penampungan sementara, seperti barang yang akandikirimkan maupun barang yang baru datang. Tetapi dalam penentuan lokasi gudang itu harus ada syarat- syaratdan ketentuan pemilihannya. Maka dari itu dibangun sistem pendukung keputusan penentuan lokasi gudangsesuai dengan syarat – syarat standar dari perusahaan. Dalam tulisan ini akan diangun sebuah Sistem PendukungKeputusan dalam penentuan lokasi gudang penyimpanan di perusahaan menggunakan Fuzzy Multi AttributeDecision Making dengan metode Weighted Product karena metode ini dapat membantu dalam mengambilkeputusan untuk menentukan lokasi gudang, akan tetapi perhitungannya hanya menghasilkan nilai terbesar yangakan terpilih sebagai alternatif yang terbaik. Sistem ini dibuat berbasis desktop dan dibangun dengan bahasapemrograman VB.net dan SQL Server sebagai databasenya.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Multi Attribute Decision Making metode Weighted
Product, Visual Basic, SQL Server.

1. Pendahuluan

Dalam suatu perusahaan besar, gudang memiliki arti yang sangat penting bagi aliran barang dalam perusahaan. Gudang adalah sebuah bangunan atau ruangan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan semua bahan di pabrik.  Fungsi dari pergudangan adalah sebagai tempat penyimpanan bahan mentah (raw material), barang setengah jadi (intermediate goods), dan produk jadi (final goods), selain itu juga menjadi tempat penampungan barang sementara seperti barang yang akan di kirimkan maupun barang yang baru datang. Dan gudang mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan (gold), karena pada bagian gudang ini terjadi proses pengolahan input menjadi output.

Fuzzy Multi Attribute Decision Making mempunyai beberapa metode untuk memecahkan masalah salah satu diantaranya adalah metode Weighted Product. Metode ini dapat membantu dalam mengambil keputusan untuk menentukan lokasi gudang, akan tetapi perhitungan dengan menggunakan metode weighted product ini hanya menghasilkan nilai terbesar yang akan terpilih sebagai alternatif yang terbaik. Perhitungan akan sesuai dengan metode ini apabila alternatif yang terpilih memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Metode weighted product ini lebih efisien karena waktu yang dibutuhkan dalam perhitungan lebih singkat.

Model yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini adalah Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan menggunaka metode Weighted Product. Metode ini dipilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses penyeleksian alternatif terbaik, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah alternatif yang optimal untuk pembangunan gudang penyimpanan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. 


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :
Kata Kunci : Jurnal Metode Weighted Product, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.