Jurnal : Sistem Keputusan Untuk Menentukan Pembelian Rumah Dengan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means (FCM) Clustering

Jurnal : Sistem Keputusan Untuk Menentukan Pembelian Rumah Dengan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means (FCM) Clustering


Jurnal : Sistem Keputusan Untuk Menentukan Pembelian Rumah Dengan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means (FCM) Clustering
(Jurnal Teknik Informatika)





Jurnal : Sistem Keputusan Untuk Menentukan Pembelian Rumah Dengan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means (FCM) Clustering



ABSTRAK

Perumahan merupakan hal yang tidak bisa diabaikan dan berkaitan erat dengan aktifitas ekonomi,
industrialisasi dan pembangunan. Rumah adalah tempat dimana keluarga berkumpul dan melepas lelah setelah beraktivitas seharian. Untuk menyikapi hal ini developer perumahan membangun tipe – tipe rumah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan terjangkau.

Kemampuan komputer sebagai perangkat yang membantu untuk mempermudah tugas atau kerja
seseorang menjadi lebih mudah, lebih efektif dan lebih efisien khususnya dalam kecepatan proses dan
keakuratan hasil yang diberikan diharapkan dapat membantu untuk mempermudah dalam pemilihan tipe
perumahan. Penyediaan sistem informasi perumahan secara online yang berbasis sistem pendukung keputusan dimungkinkan konsumen bisa memilih tipe rumah sesuai dengan dana yang tersedia serta visualisasi model jenis rumah. Sistem ini dibuat dengan menggunakan algoritma clustering dalam penentuan uang muka, dan angsuran per bulan. Dengan metode clustering proses pemilihan rumah yang cocok akan lebih mudah dan gampang karena metode ini melakukan perhitungan pendekatan dengan tujuan sehingga hasil sistem pendukung keputusan akan sesuai dengan keinginan pembeli.

Diharapkan dengan adanya sistem pendukung keputusan ini pembeli ataupun developer dapat
mendapatkan keuntungan yang baik. Dimana sistem pendukung keputusan yang dibangun akan dapat digunakan secara online. Sehingga dapat digunakan dimana dan kapan saja dengan media internet.

Kata Kunci : SPK, Pembelian Rumah, Clustering, Online, Developer.

1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Perumahan merupakan hal yang tidak bisa diabaikan dan berkaitan erat dengan aktifitas ekonomi, industrialisasi dan pembangunan. Rumah adalah tempat dimana keluarga berkumpul dan melepas lelah setelah beraktivitas seharian. Untuk menyikapi hal ini developer perumahan membangun tipe – tipe rumah
yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan terjangkau.

Metode clustering merupakan pengelompokan data beserta parameternya dalam kelompok–kelompok sesuai kecenderungan sifat dari masing-masing data tersebut (kesamaan sifat). Jadi pada awalnya banyaknya cluster sama dengan banyaknya objek. Objek-objek yang paling mirip dikelompokkan, dan kelompok-kelompok awal ini digabungkan sesuai dengan kemiripannya. Sewaktu kemiripan berkurang, semua sub kelompok digabungkan menjadi satu cluster tunggal. Hasil-hasil dari clustering dapat disajikan secara grafik dalam bentuk dendrogram atau diagram pohon. Cabang-cabang dalam pohon menyajikan cluster dan bergabung pada node yang posisinya sepanjang sumbu jarak (similaritas) menyatakan tingkat dimana penggabungan terjadi.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Keputusan untuk menentukan pembelian rumah dengan metode Fuzzy C-Means (FCM) Clustering, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.