Jurnal : Penerapan Metode Simple Additive Weighting dalam Sistem Pendukung Keputusan Perekrutan Karyawan

Jurnal : Penerapan Metode Simple Additive Weighting dalam Sistem Pendukung Keputusan Perekrutan Karyawan

Jurnal : Penerapan Metode Simple Additive Weighting dalam Sistem Pendukung Keputusan Perekrutan Karyawan

(Jurnal Teknik Informatika)

Abstrak
Perekrutan karyawan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manajemen sumber daya
manusia dalam suatu perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode simple additive weighting dalam sistem pendukung keputusan. Kriteria yang digunakan pada sistem pendukung keputusan perekrutan karyawan, metode
ini dipilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses
perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif. Dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah yang akan direkrut sebagai karyawan berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan.
 
Kata Kunci : sistem pendukung keputusan, simple additive weighting, Perekrutan karyawan. 


1. Pendauluan
1.1. Latar Belakang
 
Perekrutan tenaga kerja merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manajemen sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Informasi-informasi yang akurat mengenai kualitas dan kuantitas karyawan yang dibutuhkan, yang masuk ataupun yang keluar dalam suatu perusahaan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.
PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) berkembang pesat seirirng dengan semakin membaiknya iklim dunia usaha, maka kebutuhan akan tenaga kerja atau sumber daya manusia yang handal meningkat sehingga proses seleksi atau pemilihan terhadap calon karyawan baru akan semakin meningkat pula. Melihat hal tersebut, perlu adanya suatu sistem pengolahan data perekrutan karyawan yang terkomputerisasi secara optimal agar lebih efektif dan efisien.
Penulis melakukan penelitian pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) pada Divisi Sumber Daya Manusia mengenai sistem informasi kepegawaian khususnya pada proses perekrutan karyawan. Selama melakukan penelitian pada Divisi Sumber Daya Manusia tampak beberapa karyawan pada proses pengelolaan administrasi perekrutan karyawan baru masih menggunakan cara yang konvensional, sehingga memerlukan waktu yang lama dalam pengelolaannya. Dengan menggunakan komputer, proses pengelolaan administrasi akan lebih cepat, informasinya akan lebih akurat, efektivitas dan efisiensi dapat ditingkatkan serta Human Error (kesalahan manusia) dapat diminimalisasi.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :
Kata Kunci : Jurnal   Metode Simple Additive Weighting (SAW), SAW,  sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.