Jurnal : Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto Pada Penentuan Harga Jual Dalam Konsep Fuzzy Logic

Jurnal : Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto Pada Penentuan Harga Jual Dalam Konsep Fuzzy Logic

Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto Pada Penentuan Harga Jual Dalam Konsep Fuzzy Logic

(Jurnal Teknik Informatika)

Sistem Pendukung Keputusan, Logika Fuzzy, Tsukamoto.


ABSTRAK

Penentuan harga jual barang dalam suatu perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting sebelum memulai suatu proses produksi. Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu dalam mengambil keputusan yang disebut sistem pendukung keputusan demi tercapainya suatu tujuan perusahaan.
Sistem pendukung keputusan atau SPK merupakan suatu sistem yang membantu menyelesaikan permasalahan. Banyak teknik yang dipakai untuk membuat SPK, salah satunya dengan Logika Fuzzy. Logika Fuzzy merupakan salah satu tekhnik penyelesaian masalah dimana derajat keanggotaan yang biasanya di representasikan dengan nilai antara 0 dan 1, sehingga dapat ebih seimbang. Salah satu metode fuzzy yang dapat digunakan dalam memecahkan permasaahan tersebut adalah metode Tsukamoto Fuzzy Inference System yang menerapkan rata – rata terbobot untuk menghitung harga jual barang sebagai hasil akhirnya. Sistem Pendukung Keputusan atau SPK penentuan harga jual barang dengan metode Tsukamoto menghasilkan suatu sistem yang dapat menentukan suatu harga jual barang yang dapat membantu distributor dalam membuat keputusan.

 Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Logika Fuzzy, Tsukamoto.

1. Pendahuluan
Ketika suatu perusahaan telah menetapkan harga dasar dari suatu produk barang atau jasa maka perusahaan dapat menentukan strategi harga dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti harga kompetitor, tujuan perusahaan dan daur hidup produk. Strategi tersebut dapat digunakan untuk produk yang baru maupun yang lama sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Tidak stabilnya harga barang dipasaran setiap saat menyebabkan perusahaan harus terus memantau fluktuasi harga barang dan menentuan harga barang tersebut dengan tepat. Penentuan harga barang sedikit lebih rumit jika dilakukan dengan hitungan manual, hal ini dikarenakan banyak faktor yang harus ikut dimasukkan sebagai inputan apabila ingin menentukan harga barang dipasaran.

Ketika menjual sebuah produk, tentu saja yang diinginkan konsumen adalah harga yang menarik. Makanya, para pengusaha diharuskan memberikan penawaran menarik kepada pelanggannya. Namun, itu bukanlah perkara mudah. Salah-salah malah produk kita tidak akan ada yang beli.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode  Fuzzy Tsukamoto, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.