gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : ANALISIS DAN IMPLEMENTASI GABUNGAN KRIPTOGRAFI ELGAMAL DAN STEGANOGRAFI FRAME DENGAN MENGGUNAKAN KUNCI CITRA DIGITAL

Post a Comment
ANALISIS DAN IMPLEMENTASI GABUNGAN KRIPTOGRAFI ELGAMAL DAN STEGANOGRAFI FRAME DENGAN MENGGUNAKAN KUNCI CITRA DIGITAL
ABSTRAK - Kriptografi digunakan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi pada saat ini komunikasi yang sering digunakan adalah komunikasi melalui internet. Dalam penggunaanya, tidak menutup kemungkinan terdapat informasi-informasi rahasia yang tidak diperuntukkan kepada masyarakat umum, sehingga dibutuhkan suatu pengamanan informasi agar informasi yang bersifat rahasia dan penting dapat terjamin keamanannya dan utuh diterima oleh orang-orang yang menggunakannya. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam mengamankan pengiriman informasi, yaitu dengan menyandikan informasi menjadi kode-kode yang tidak dengan mudah dimengerti oleh orang-orang yang tidak berkepentingan. Selain kriptografi, terdapat pula sebuah metode untuk menyembunyikan informasi pada informasi yang lain yang disebut dengan steganografi yaitu sebuah metode untuk menyembunyikan informasi ke dalam suatu media. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah algoritma kriptografi dan steganografi yang merupakan gabungan dari kriptografi ElGamal dan steganografi Frame. Analisa terhadap penggabungan kedua buah metode tersebut dilakukan dengan menggunakan analisa matematis dan analisa program. Kemudian dilakukan pengujian terhadap data yang dikirimkan dengan data yang diterima. Setelah dilakukan analisa dan implementasi terhadap penggabungan kedua metode tersebut, didapat bahwa kriptografi ElGamal dapat digabungkan dengan steganografi frame untuk mengamankan data berupa teks. Setelah dilakukan pengujian didapat bahwa, data yang diterima setelah proses dekripsi menghasilkan data yang sama dengan data yang dikirimkan sebelum proses enkripsi dengan tingkat akurasi 100%. Data yang digunakan untuk menyimpan hasil enkripsi maupun kunci publik harus disimpan dalam bentuk citra bitmap yang tidak mengalami kompresi. 

Kata kunci : keamanan data, kriptografi ElGamal, steganografi frame, file teks


PENDAHULUAN - Kriptografi merupakan metode yang digunakan dalam menyandikan informasi. Kriptografi dibutuhkan ketika menjaga kerahasian dari komunikasi pada jalur umum atau untuk membuktikan keaslian dari sebuah pesan (Joux, 2009). Kriptografi dan steganografi digunakan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi pada saat ini komunikasi yang sering digunakan adalah komunikasi melalui internet. Dalam dunia bisnis, perbankan, perdagangan, industri, pemerintahan dan juga dunia pendidikan, internet dapat digunakan secara bebas, terlebih lagi penggunaan teknologi awan yang sedang marak dikembangkan di berbagai bidang. Dalam penggunaan teknologi awan (cloud computing), tidak menutup kemungkinan terdapat informasi-informasi rahasia yang tidak diperuntukkan kepada masyarakat umum, sehingga dibutuhkan suatu pengamanan informasi agar informasi yang bersifat rahasia dan penting dapat terjamin keamanannya dan utuh diterima oleh orang-orang yang menggunakannya. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam mengamankan pengiriman informasi, yaitu dengan menyembunyikan informasi pada media lain maupun dengan menyandikan informasi menjadi kode-kode yang tidak dengan mudah dimengerti oleh orang-orang yang tidak berkepentingan. Kriptografi dan steganografi yang dikembangkan adalah kriptografi ElGamal dan steganografi frame (tepi gambar). Hoffstein, Pipher dan Silverman pada tahun 2008 menjelaskan bahwa kriptografi kunci publik ElGamal diuraikan oleh Taher ElGamal pada tahun 1985. Kriptografi ElGamal merupakan kriptografi kunci publik yang menggunakan kunci yang berbeda dalam melakukan proses enkripsi dan dekripsi. Pada penggunaanya kriptografi ElGamal menggunakan kunci private untuk dekripsi dan kunci publik untuk enkripsi. Steganografi frame (tepi gambar) merupakan pengembangan dari steganografi End Of File. (Setyobudi, 2011) Steganografi End Of File menggunakan proses penyisipan pesan pada akhir dari sebuah file. Ukuran file yang dihasilkan dari proses steganografi End Of File akan memiliki ukuran yang sama dengan file media ditambah dengan ukuran file yang akan disisipkan. (Sukrisno, Utami. 2007)


DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment