gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Pakar Untuk Memprediksi Penyakit Pada Tanaman Cabai Menggunakan Metode Dempster Shafer

Post a Comment
Jurnal : Sistem Pakar Untuk Memprediksi Penyakit Pada Tanaman Cabai Menggunakan Metode Dempster Shafer

ABSTRAK 

Sistem pakar merupakan program Artificial Intelligence yang menggabungkan basis pengetahuan dengan mesin inferensi. Ini merupakan bagian perangkat lunak spesialisasi tingkat tinggi, yang berusaha menduplikasi fungsi seorang pakar dalam satu bidang keahlian tertentu. Sistem pakar memprediksi penyakit pada tanaman cabai ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara memprediksi penyakit pada tanaman cabai sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan ciri-ciri penyakit yang terdapat pada tanaman tersebut. Didalam penerapan sistem pakar ini dibantu dengan metode Dempster Shafer. Dempster Shafer adalah suatu teori matematika untuk pembuktian berdasarkan belief functions and plausible reasoning (fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) untuk mengkalkulasi kemungkinan dari suatu peristiwa. Atas dasar tersebut maka akan dibuat sistem yang dapat membantu user untuk dapat memprediksi penyakit pada tanaman cabai sesuai dengan gejala-gejala yang terdapat pada tanaman cabai yang terserang penyakit. 

Kata kunci : sistem pakar, memprediksi, tanaman cabai, dempster shafer 

Pendahuluan 

Artificial Intelligence merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pendangan manusia adalah cerdas. Salah satu cabang dari Artificial Intelligence adalah sistem pakar. Sistem pakar adalah program komputer yang menirukan penalaran seorang pakar dengan keahlian pada suatu wilayah pengetahuan tertentu. Sistem pakar merupakan program Artificial Intelligence yang menggabungkan basis pengetahuan dengan mesin inferensi. Ini merupakan bagian perangkat lunak spesialisasi tingkat tinggi, yang berusaha menduplikasi fungsi seorang pakar dalam satu bidang keahlian tertentu. Cabai merupakan salah satu bahan pokok makanan dalam kehidupan sehari-hari. Perawatan pada tanaman cabai harus dilakukan dengan sangat ekstra dikarenakan tanaman cabai adalah salah satu tanaman yang rentan terhadap penyakit. Jika penyakit pada tanaman cabai tidak cepat diketahui, maka penanganannya akan terlambat sehingga akan mengakibatkan tanaman tersebut tidak dapat berkembang, berhenti berproduksi bahkan tanaman cabai tersebut dapat mati. 

Peneliti : Anis Mistanti

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Sistem Pakar Untuk Memprediksi Penyakit Pada Tanaman Cabai Menggunakan Metode Dempster Shafer


Keywords : Jurnal Metode Dempster Shafer , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment