gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Kecanduan Menggunakan Internet (Internet Addiction) Menggunakan Metode Certainty Factor

Post a Comment
Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Kecanduan Menggunakan Internet (Internet Addiction) Menggunakan Metode Certainty Factor


ABSTRAK 

Internet addiction merupakan sebuah sindrom yang ditandai dengan menghabiskan sejumlah waktu yang sangat banyak dalam meggunakan internet dan tidak mampu mengontrol penggunaannya saat online. Pada umumnya di Indonesia tingkat penyalahgunaan internet semakin meningkat dimana penggunaan internet tersebut memiliki kecenderungan membuat penggunanya asyik di depan komputer hingga melupakan waktu. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa pengguna internet dapat beresiko mengalami kecanduan internet (internet addiction), dimana internet menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu perlu dibangun suatu sistem pakar untuk mendiagnosis internet addiction untuk dapat mendukung para pakar atau para psikolog dalam hal mencegah dan mendiagnosis kecanduan internet secara dini agar efek yang ditimbulkan tidak merugikan remaja tersebut. Aplikasi sistem pakar ini dibangun dengan menggunakan metode Certainty Factor. Dimana sistem pakar ini memberikan hasil berupa tingkatan kecanduan yang diderita remaja awal tersebut. 

Kata kunci : Sistem Pakar, Internet Addiction, Certainty Factor, Diagnosis. 


Pendahuluan 

Perkembangan teknologi yang pesat memberikan banyak kemudahan dalam penyelesaian masalah dan pencapaian hasil kerja yang memuaskan bagi kehidupan manusia. Ketika ada permasalahan, seseorang tentu ingin solusi pemecahan masalah tersebut memiliki spesifikasi yang sesuai dengan keinginan orang tersebut. Masalah utama dalam perkembangan teknologi komputer yang semakin lama semakin maju adalah kebutuhan akan tingkat “kepandaian” komputer yang semakin hebat lagi. Untuk itu dikembangkanlah suatu sistem yang dapat mengambil suatu keputusan, kesimpulan ataupun jawaban yang lengkap dengan alasan dan tahap-tahap runtun dari sistem tersebut untuk mencapai jawaban akhir yang dilengkapi dengan kemampuan belajarnya. Sistem tersebut dikenal dengan sistem pakar. Sistem pakar telah digunakan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan khususnya bidang ilmu kedokteran. Pakar dalam bidang psikologi terdapat di biro-biro konsultasi yang tidak terlalu mudah untuk ditemui. Harus ada proses penjadwalan bila ingin konsultasi dengan seorang psikolog. Untuk melakukan konsultasi tentang kecanduan terhadap internet harus melalui proses tadi, sehingga akan membutuhkan waktu lebih lama dalam mendeteksi atau mengatasi kecanduan internet yang dialami seseorang. 

Peneliti : Adlin Hasibuan

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Kecanduan Menggunakan Internet (Internet Addiction) Menggunakan Metode Certainty Factor


Kata Kunci : Jurnal Metode Certainty Factor , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment