gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Post a Comment
Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

ABSTRAK 

Sistem Pakar adalah bagian dari Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh banyak pakar kedalam suatu area pengetahuan tertentu sehingga setiap orang dapat menggunakannya untuk memecahkan masalah yang bersifat spesifik. Implementasi sistem pakar banyak digunakan dalam bidang kesehatan misalnya ganguan kejiwaan (psikologis) seperti kecanduan atau ketagihan. Sebagai contoh melakukan diagnosa terhadap suatu gejala kecanduan. Diagnosa adalah proses melakukan pemeriksaanterhadap sesuatu dengan menggunakan cara dan teknik tertentu. Diagnosa dilakukan untuk menjelaskan apakah seseorang mengalami/menderita hal tertentu misalnya penyakit psikis seperti kecanduan game online Diharapkan dengan sistem ini, orang awam dapat menyelesaikan masalah tertentu baik sedikit rumit sekalipun tanpa bantuan para ahli dalam bidang tersebut. Sedangkan bagi para ahli, sistem ini dapat digunakan sebagai asisten yang berpengalaman. Aplikasi yang dikembangkan ini bertujuan untuk memprediksi tingkat pertumbuhan penduduk dengan hanya menganalisa data tersebut Dengan menggunakan metode Certainty Factor, akan lebih mudah untuk mengetahui diagnosa gejala kecanduan game online. Metode ini merupakan metode yang tepat digunakan dalam sistem pakar. 

Kata kunci : sistem pakar, diagnosa, game online, certainty factor 


Pendahuluan 

Sistem pakar dipandang sebagai cara penyimpanan pengetahuan pakar pada bidang tertentu dalam program komputer sehingga keputusan dapat diberikan dalam melakukan penalaran secara cerdas. Dalam penerapannya sistem pakar mempunyai beberapa metode, salah satunya adalah metode certainty factor. Salah satu implementasi yang dapt diterapkan dengan menggu-nakan sistem pakar dalam bidang kesehatan yaitu sistem pakar umtuk melaku-kan diagnosa gejala kecanduan game online. Dalam melakukan diagnosa terdapat langkah-langkah yang harus dijalankan agar kita bisa memastikan hasil diagnosa dengan baik. Namun dalam penelitian ini penulis hanya mengumpulkan data-data yang kemudian akan dianalisa menggunakan system pakar untuk menentukan hasil diagnosa. Diagnosa dapat dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang mengalami suatu penyakit, misalnya penyakit psikis seperti kecanduan game online. 

Peneliti : Ericksan Sianturi

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Keywords : Jurnal Metode Certainty Factor , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment