Selamat Datang
Join This Site
Jurnal : Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori

Jurnal : Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori

Jurnal : Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori


Abstrak

Penjualan produk elektronik, khususnya laptop mengalami peningkatan setiap bulannya, produk yang ditawarkan bermacam merek, merek mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk tersebut, untuk mengetahui merek dengan penjualan terbanyak diperlukan algoritma apriori untuk dapat mengetahuinya, dan dengan bantuan tools tanagra, produk dengan penjualan terbanyak dapat diketahui. Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Salah satu tahap analisis asosiasi yang menarik perhatian banyak peneliti untuk menghasilkan algoritma yang efisien adalah analisis pola frequensi tinggi(frequent pattern mining). Penting tidaknya suatu asosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur , yaitu : support dan confidence. Support (nilai penunjang) adalah persentase kombinasi item tersebut dalam database, sedangkan confidence (nilai kepastian) adalah kuatnya hubungan antar-item dalam aturan asosiasi. Algoritma apriori dapat membantu untuk pengembangan strategi pemasaran. 

Kata Kunci : penjualan, produk elektronik, algoritma apriori 

Pendahuluan 

Banyaknya persaingan dalam dunia bisnis khususnya dalam industri penjualan, menuntut para pengembang untuk menemukan suatu strategi yang dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran produk yang dijual, salah satunya adalah dengan pemanfaatan data penjualan produk elektronik. Dengan adanya kegiatan penjualan setiap hari, data semakin lama akan semakin bertambah banyak. Data tersebut tidak hanya berfungsi sebagai arsip bagi perusahaan, data tersebut dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi yang berguna untuk peningkatan penjualan dan promosi produk. Produk Elektronik merupakan barang yang sangat dibutuhkan saat ini, karena barang elektronik sangat membantu manusia dalam melakukan berbagai aktifitas, seperti Televisi yang membantu manusia untuk mendapatkan informasi dan hiburan, dan masih banyak barang elektronik lainnya yang memiliki fungsi yang berbeda-beda untukmempermudah manusia dalam melakukan berbagai aktifitas. Dari sumber data penjualan Kreditplus,menunjukkan permintaan produk elektronik semakin meningkat. Hal inilah yang dijadikan bebagai dasar pengolahan data mining pada penjualan produk elektronik. 

Untuk lebih lengkapnya anda bisa download jurnalnya di link berikut :

Jurnal : Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori


Keyword : Jurnal Implementasi Algoritma Apriori , Data Mining, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.