gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Dyspepsia Dengan Menggunakan Metode Bayes

Post a Comment
Jurnal : Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Dyspepsia Dengan Menggunakan Metode Bayes

ABSTRAK 

Banyak orang yang mengeluhkan bermacam-macam gejala tentang lambung. Walaupun demikian, tidak setiap keluhan tentang lambung merupakan sakit maag. Keluhan-keluhan tersebut dapat bersumber dari kelainan pada alat-alat didalam saluran pencernaan yang disebut sakit maag (dyspepsia) yang meliputi radang lambung dan tukak lambung. Metode bayes mulannya digunakan dalam persoalan klasifikasi dengan supervised learning dan data-data ketegorikal. Metode bayes memerlukan pengetahuan awal untuk dapat mengambil suatu keputusan, tingkat keberhasilan metode ini sangat tergantung pada pengetahuan awal yang diberikan. Gejala penyakit dyspepsia itu diambil datanya dari pakar setelah itu gejala-gejala penyakit tersebut dibobot untuk menentukan seseorang terkena Dyspepsia dibutuhkan metode bayes untuk solusi menyelesaikan masalah. 

Kata Kunci : Sistem Pakar, Dyspepsia, Bayes 

Pendahuluan 

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga dan mahal bagi setiap manusia, oleh karenanya kita harus mampu menjaga kesehatan dari berbagai jenis penyakit yang menyerang salah satunya adalah penyakit dyspepsia. Sindroma dyspepsia lebih dikenal masyarakat umum sebagai penyakit maag (walaupun sebenarnya kurang tepat, karena maag berasal dari bahasa Belanda, yang berarti lambung. Padahal keluhan yang muncul pada penyakit maag tidak selalu berasal dari lambung). Prevalensi penyakit ini beragam, sebagian besar penelitian menunjukkan, hampir 25 % orang dewasa mengalami gejala dyspepsia pada suatu waktu dalam hidupnya. Suatu survey menyebutkan, sekitar 30% orang yang berobat ke dokter umum disebabkan gangguan saluran cerna terutama dyspepsia. Dan 40 – 50 % yang datang ke spesialis disebabkan gangguan pencernaan, terutama dyspepsia. Penerapkan metode Bayes untuk membangun sebuah sistem yang memiliki kemampuan mendiagnosa penyakit dyspepsia. Proses diagnosa penyakit dyspepsia memang sebaiknya dilakukan oleh seorang pakar yang merupakan dokter spesialis, namun dikarenakan dyspepsia merupakan penyakit yang sering di alami oleh masyarakat dan biaya konsultasi ke dokter juga cukup mahal. 

Peneliti : Vita Fristiani

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Dyspepsia Dengan Menggunakan Metode Bayes


Keywrods : Jurnal Metode Bayes , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment