gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Analisa Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Pakaian Yang Paling Diminati Pada Mode Fashion Group Medan

Post a Comment
Jurnal : Analisa Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Pakaian Yang Paling Diminati Pada Mode Fashion Group Medan

ABSTRAK 

Penjualan pakaian wanita mengalami peningkatan setiap bulannya, produk yang ditawarkan bermacam merek, untuk mengetahui merek yang paling diminati diperlukan algoritma apriori. dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik digunakan Tools Tanagra. Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Salah satu tahap analisis asosiasi yang menarik perhatian banyak peneliti untuk menghasilkan algoritma yang efisien adalah analisis pola frequensi tinggi(frequent pattern mining). Penting tidaknya suatu asosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur , yaitu : support dan confidence. Support (nilai penunjang) adalah persentase kombinasi item tersebut dalam database, sedangkan confidence (nilai kepastian) adalah kuatnya hubungan antar-item dalam aturan asosiasi.

Kata Kunci: Analisa, Merek Pakaian, Algoritma Apriori, Support, Confidence 


Pendahuluan 

Fashion adalah kombinasi atau perpaduan dari gaya atau style dengan desain yang cenderung dipilih, diterima, digemari, dan digunakan olehm ayoritas masyarakat yang bisa memberikan kenyamanan dan membuat lebih baik pada satu waktu tertentu. Beberapa kalangan menganggap fashion sebagai tolak ukur status seseorang dalam bersosialisasi dan tingkat ekonomi. Semakin mahal, berkualitas tinggi dan produksi merek terkenal sebuah busana yang dipakai, maka semakin tinggi pula tingkat ekonomi dan tingkat sosialisasi seseorang tersebut. Data mining adalah metode untuk mencari data terlaris atau paling banyak di butuhkan customer. Data mining merupakan analisis data menggunakan tool untuk menemukan pola dan aturan dalam himpunan data. Perangkat lunak bertugas untuk menemukan pola dengan mengidentifikasi aturan dan fitur pada data dan diharapkan mampu mengenal pola ini dalam data dengan input minimal dari user. Salah satu bentuk pola yang dapat dihasilkan data mining adalah association rule.Association Rule dapat digunakan untuk menemukan hubungan atau sebab akibat. Association rule dapat dihasilkan dengan Algoritma Apriori. Algoritma Apriori yang bertujuan untuk menemukan frequent itemsets dijalankan pada sekumpulan data. Analasis Apriori didefenisikan suatu proses untuk menemukan semua aturan apriori yang memenuhi syarat minimum untuk support dan syarat minimum untuk confidence. 

Peneliti : Eka Novita Sari

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Analisa Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Pakaian Yang Paling Diminati Pada Mode Fashion Group Medan

Keywords : Jurnal Implementasi Algoritma Apriori , Data Mining, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment