gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Rekomendasi pada E-Market Produk UMKM Menggunakan Content Based Filtering

Post a Comment
Jurnal : Sistem Rekomendasi pada E-Market Produk UMKM Menggunakan Content Based Filtering




ABSTRACT 

The youth and sports the central java ( dinpora central java ) is one of government agencies handle activities to youth. One of the activities that is build dinpora business group youth to develop to businesses that are already was initiated , with assistance, training and capital assistance. With the rise of the information technology , marketing strategies conducted providers of goods and services is required to reach out to all the community in expand markets into the country and overseas. One alternative marketing strategies that can be applied by providers of goods and services is the use of e-commerce. Required a method for providers of goods and services required improve the service to attract more consumer. The development of an application it uses content based filtering with the i-crm , this system is system based on recommendations products user profile focusing on customer service to support in obtaining customer loyalty and maintain customers. With the e-market is expected to facilitate customers in choosing umkm dinpora products 

Keywords: Recommender system, e-commerce, content based filtering, i-CRM, prototyping 


Pendahuluan 

Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan dampak yang positif dalam kehidupan masyarakat. Karena sebagian besar masyarakat semakin merasakan informasi sebagai salah satu kebutuhan pokok selain kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. Kecepatan dan keakuratan dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan telah mendorong transformasi masyarakat tradisional menjadi masyarakat informasi. Teknologi informasi muncul akibat semakin meluasnya globalisasi dalam kehidupan masyarakat. Selain itu, juga karena semakin ketatnya persaingan bisnis, singkatnya siklus hidup barang dan jasa yang ditawarkan, serta meningkatnya tuntutan selera konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Sehingga adanya keterikatan antara konsumen dengan penyedia barang maupun jasa. Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Jawa Tengah (Dinpora Jateng) merupakan salah satu instansi pemerintah yang menangani kegiatan untuk kepemudaan. Salah satu kegiatan Dinpora yaitu membina kelompok usaha pemuda untuk mengembangkan usaha yang sudah dirintis, dengan melakukan pendampingan, pelatihan dan bantuan modal. Dengan berkembangnya teknologi informasi, strategi pemasaran yang dilakukan penyedia barang dan jasa dituntut untuk dapat menjangkau seluruh masyarakat dalam mengembangkan pasar ke dalam maupun luar negeri. Salah satu alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh penyedia barang dan jasa adalah penggunaan e-commerce. Diperlukan sebuah metode untuk penyedia barang dan jasa dalam meningkatkan pelayanan untuk menarik konsumen lebih banyak. Pengembangan sistem aplikasi ini menggunakan Content Based Filtering dengan metode i-CRM, sistem ini merupakan sistem rekomendasi produk berdasarkan user profile yang berfokus terhadap pelayanan pelanggan guna menunjang dalam memperoleh loyalitas pelanggan dan mempertahankan pelanggan. Dengan adanya e-market ini diharapkan dapat memudahkan pelanggan dalam memilih produk umkm Dinpora. 


Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Sistem Rekomendasi pada E-Market Produk UMKM Menggunakan Content Based Filtering


Kata Kunci : Content Based Filtering, Jurnal Content Based Filtering, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.



Related Posts

Post a Comment