gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ginjal Dengan Metode Dempster Shafer

Post a Comment
Jurnal : Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ginjal Dengan Metode Dempster Shafer


ABSTRAK 

Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan tekhnik dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seseorang pakar dalam bidang tertentu. Sistem pakar memberikan nilai tambah pada teknologi untuk membantu dalam menangani era informasi yang semakin canggih. Aplikasi sistem pakar ini menghasilkan keluaran berupa kemungkinan penyakit ginjal yang diderita yang dirasakan oleh user. Sistem ini juga menampilkan besarnya gejala tersebut terhadap kemungkinan penyakit ginjal yang diderita oleh user. Besarnya nilai kepercayaan tersebut merupakan hasil perhitungan dengan menggunakan metode Dempster Shafer. 

Kata Kunci : Diagnosa Penyakit Ginjal, Sistem Pakar, Metode Dempster-Shafer. 


Pendahuluan

Angka kematian para penderita penyakit ginjal yang semakin meningkat, dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang gejala awal penyakit ginjal dan fasilitas kesehatan khususnya ginjal di Indonesia masih sangat terbatas. Sehingga dalam bidang kesehatan juga membutuhkan teknologi komputer. Gejala penyakit merupakan awal timbulnya sebuah penyakit yang dapat membahayakan nyawa seseorang, ironisnya gejala-gejala tersebut seringkali diabaikan oleh seseorang. Gejala tersebut tidak membahayakan karena tidak terlalu menganggu aktifitas dan menganggap gejala yang timbul tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Selain itu, mahalnya biaya pengobatan menjadi salah satu penyebab kurangnya minat masyarakat berobat ke dokter. Perkembangan komputer dewasa ini telah mengalami banyak perubahan yang sangat pesat, seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin banyak dan kompleks. Hal ini mendorong para ahli untuk semakin mengembangkan komputer agar dapat membantu kerja manusia atau bahkan melebihi kemampuan kerja manusia. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence merupakan bagian dari ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. 

Peneliti : Rismawati

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ginjal Dengan Metode Dempster Shafer

Keywords : Jurnal Metode Dempster Shafer , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment